Daerah Selasa, 19 April 2022 | 16:04

Jelang Pemilu 2024, KPU Sulbar Gelar Rapat Koordinasi

Lihat Foto Jelang Pemilu 2024, KPU Sulbar Gelar Rapat Koordinasi Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar rapat koordinasi.

Ketua KPU Sulbar, Rustang mengungkapkan, rapat koordinasi tersebut berkaitan dengan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulbar.

"Baik Pemilihan Gubernur (Pilgub), maupun Pemilihan Bupati (Pilbup)," kata Rustang, Selasa, 19 April 2022.

Sehingga, kata dia, pihaknya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar terkait persiapan tersebut.

"Terutama dalam penyiapan anggaran," katanya.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan keputusan KPU RI nomor 1312 dan 444 tahun 2019 tentang standar kebutuhan pembiayaan Pilkada, Sada sejumlah item pembiayaan.

"Setidaknya, ada sebanyak 28 item pembiayaan yang harus dipersiapkan dalam menghadapi kesiapan anggaran tersebut," kata Rustang.

Rustang berharap, item-item pembiayaan dalam menghadapi Pilkada dapat dilihat lebih awal dalam rapat koordinasi yang dihadiri Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris.

"Kami merupakan penyelenggara yang diamanahi undang-undang untuk menyampaikan ataupun mengusulkan ke Pemprov terkait anggaran tersebut," katanya.

Untuk diketahui, Pemilu serentak rencananya akan dilaksanakan Rabu, 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak akan dilaksanakan Rabu, 27 November 2024. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya