News Jum'at, 09 Desember 2022 | 12:12

Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Jokowi Lakukan Prosesi Ini

Lihat Foto Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Jokowi Lakukan Prosesi Ini Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram/erinagudono)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi memasang anyaman daun kelapa di depan rumah sebagai tanda pesta pernikahan (bleketepe), untuk putranya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, pada Jumat, 9 Desember 2022.

Pemasangan bleketepe yang menggambarkan kesepakatan melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa, dilakukan sebelum acara tradisi siraman calon pengantin, di Sumber Banjarsari Solo.

Pada momen itu, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Jawa warna magenta dan ibu Iriana mengenakan kebaya corak bunga warna pink dan hijau muda.

Usai memasang bleketepe, Jokowi bersama Iriana kemudian membuka tuwuhan atau pisang raja dengan dihiasi janur dan kelapa cengkir gading yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu masuk rumah kediamannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sungkeman, Kaesang Pangarep meminta doa restu kepada Bapak Ibu Jokowi sebelum dilaksanakan siraman dengan air yang diambil dari tujuh mata air yakni dari Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

Presiden Jokowi mengatakan acara sungkeman dan siraman berjalan baik, dia memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya berjalan dengan baik. Dia juga memohon maaf apabila acara mengganggu kenyamanan warga.

"Kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya terutama masyarakat Solo dan Yogyakarta," kata Jokowi, dikutip Opsi pada Jumat, 9 Desember 2022.

Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram/erinagudono)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa sebagai orang tua ia dan Ibu Negara mengharapkan dan mendoakan agar Kaesang dan Erina ke depan bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, waromah.

"Kami acara selanjutnya setelah Sholat Jumat menuju ke Yogyakarta untuk persiapan acara Jumat malam," kata Jokowi.

Sementara Kaesang Pangarep mengatakan acara sungkeman kepada kedua orang tua sempat menangis karena terharu dan bahagia melangsungkan pernikahan dengan Erina.

"Saya sempat menangis terharu dan bahagia saat sungkeman dengan ibu dan bapak," kata Kaesang.

Prosesi siraman dan sungkeman dihadiri sejumlah tamu, termasuk beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Ada pula Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudirini, serta Menteri ATR Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Apa Anies Baswedan Diundang Kawinan Kaesang-Erina Gudono?

Baca juga: Penyebab Surya Paloh Tak Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina

Acara lantas akan dilanjutkan dengan malam midodareni dan ijab babul, di Yogyakarta, pada Sabtu, 10 Desember 2022 besok, kemudian dilanjutkan tasyukuran di Pura Mangkunegaran, pada Minggu, 11 Desember 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya