News Jum'at, 02 Juni 2023 | 17:06

Jembatan Kretek 2 di Bantul Yogyakarta Diresmikan Jokowi

Lihat Foto Jembatan Kretek 2 di Bantul Yogyakarta Diresmikan Jokowi Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2 di DI Yogyakarta, Jumat, 2 Juni 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta -  Diresmikan sudah, Jembatan Kretek 2 di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta pada Jumat, 2 Juni 2023. 

Jembatan ini mendukung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

“Ya, ini jalan lintas selatan. Ini dari ujung Banten nanti sampai ujung di Banyuwangi, di Jawa Timur segera selesai tahun ini,” ujar Jokowi selepas meresmikannya.

Disebutkan Jokowi, pembangunan Jembatan Kretek 2 salah satu upaya pemerintah membangun koneksi jalan dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa melalui jalur lintas selatan. 

Pembangunan infrastruktur jalur lintas selatan di beberapa wilayah Jawa telah selesai 100 persen.

“Kekurangan di Daerah Istimewa Yogyakarta 14 kilometer, kemudian yang di Jawa Timur 24 kilometer, selesai, sambung semuanya, dan keadaan jalannya seperti ini,” katanya.

BACA JUGA: Jokowi di Antara Para Perempuan Cantik Finalis Puteri Indonesia 2023

Jokowi menaruh harapan, JJLS dapat memperlancar arus barang dan orang sekaligus meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan di daerah Jawa bagian selatan.

“Kita harapkan kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, mobilitas barang semuanya bisa lancar karena kita telah memiliki jalur lintas selatan," katanya.

Jokowi juga berharap daya saing produk-produk yang ada, yang diproduksi di Jawa bagian selatan bisa masuk ke pasar dengan competitiveness yang jauh lebih baik.

Jembatan Kretek yang terbentang di atas Sungai Opak memiliki panjang total 2,7 kilometer. Infrastruktur ini dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 364 miliar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya