News Rabu, 21 Desember 2022 | 10:12

Jenderal Andika Calon Kuat Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024

Lihat Foto Jenderal Andika Calon Kuat Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa).
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Jenderal Andika Perkasa kini telah pensiun dari jabatannya sebagai Panglima TNI. Andika disebut berpotensi naik sebagai calon wakil presiden (Cawapres) Anies Baswedan.

"Setelah purna tugas memasuki masa pensiun dari dinas militer Jenderal TNI Andika Perkasa potensial untuk dilirik partai politik sebagai paket pasangan calon pemilihan presiden mendatang," ujar peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, kepada wartawan, Rabu 21 Desember 2022.

"Bukan tidak mungkin Andika Perkasa menjadi bagian dari paket pasangan calon bersama dengan Anies untuk diusung oleh Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS," sambungnya.

Penilaian Bawono didasari dari momen sebelumnya, dimana-nama Andika Perkasa masuk bursa capres NasDem.

"Menjadikan Andika Perkasa sebagai bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan juga dapat menjadi solusi adil bagi Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS dalam menentukan siapa sosok pendamping mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam pemilihan presiden mendatang," katanya.

Bawono menilai penunjukan Andika sebagai cawapres dapat menjadi solusi adil bagi koalisi NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

"Dengan menjadikan Andika Perkasa sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Anies maka soliditas koalisi pun akan relatif dapat terjaga dengan baik," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Andika Perkasa secara resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono.

Upacara serah terima ini berlangsung pada hari Selasa 20 Desember 2022 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya