News Senin, 05 Desember 2022 | 15:12

Jepang Bidik Perempat Final, Kroasia Ingin Mengulang Sejarah Piala Dunia 2018

Lihat Foto Jepang Bidik Perempat Final, Kroasia Ingin Mengulang Sejarah Piala Dunia 2018 Duel Jepang vs Kroasia di 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: Opsi/Lampirma)
Editor: Tigor Munte

Doha - Wakil Asia, Jepang akan bertanding melawan Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah pada Senin, 5 Desember 2022 malam pukul 22:00 WIB.

Jepang melaju ke babak 16 besar setelah menjadi juara grup E, setelah di laga matchday ketiga mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1.

Kemenangan Jepang atas raksasa Eropa itu juga berdampak menyakitkan bagi Jerman, yang harus tersingkir dari grup neraka tersebut.

Banyak pakar merasa Jepang akan kesulitan, bahkan hanya untuk finis kedua di grup mereka, tetapi Samurai Blue bahkan muncul di posisi teratas.

Sedangkan Kroasia berada di posisi dua Grup F. Pertemuan Kroasia dan Jepang akan menjadi pertemuan ketiga kedua tim di Piala Dunia, setelah pertarungan pada 1998 dan 2006

Jepang menargetkan mencapai perempat final untuk pertama kalinya, dan Kroasia berharap mengulangi perjalanan mereka ke final Piala Dunia 2018.

Baca juga: Gebuk Senegal 3-0, Inggris Tantang Prancis di Perempat Final Piala Dunia 2022

Kroasia, yang menjadi runner-up di Piala Dunia 2018, telah mencapai babak 16 besar meski tidak menyuguhkan performa terbaiknya. 

Tim asuhan Zlatko Dalic membuka turnamen dengan hasil imbang 0-0 melawan Maroko dan kemudian melaju melewati Kanada 4-1. 

Kurangnya akurasi Belgia di depan gawang selama pertandingan terakhir penyisihan grup membantu Kroasia mengamankan tempat kedua di Grup F.

Kroasia ditopang rekam jejak yang mengesankan dalam fase knock-out Piala Dunia. Pada kedua kesempatan ketika Kroasia telah melewati fase grup, mereka telah mencapai setidaknya semifinal. 

Jepang masih harus melaju melewati babak 16 besar, dan Samurai Blue akan habis-habisan demi mencapai perempat final untuk pertama kalinya.

Prediksi Line-Up

Jepang: Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi, Yuto Nagatomo; Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Takuma Asano

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic, Marko Livaja. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya