Hiburan Jum'at, 17 Juni 2022 | 00:06

Joko Anwar Hadirkan 400 Shot CGI di Film Pengabdi Setan 2: Communion

Lihat Foto Joko Anwar Hadirkan 400 Shot CGI di Film Pengabdi Setan 2: Communion Sutradara Joko Anwar. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sutradara Joko Anwar mengatakan terdapat sedikitnya 400 shot yang menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) dalam proses produksi film Pengabdi Setan 2: Communion.

Hal tersebut diungkapkan Joko Anwar dalam sesi konferensi pers peluncuran trailer film Pengabdi Setan 2: Communion di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 16 Juni 2022.

Joko Anwar menuturkan, adegan yang menggunakan teknologi CGI bahkan muncul pada trailer panjang film Pengabdi Setan 2. Namun, penonton akan sulit membedakan lantaran adegan tersebut dibuat senyata mungkin.

"Yang teman-teman tonton itu adalah gabungan dari real live syuting, artinya memang ada propertinya, ada bangunannya. Tapi, juga ada CGI," kata Joko Anwar, dikutip Opsi pada Jumat, 17 Juni, 2022.

"Tapi karena seamless banget, enggak ketahuan mana yang CGI real dan mana yang enggak, jadi kami memilih untuk tidak kasih tau mana yang CGI dan mana yang real," tutur dia.

Suasana konferensi pers trailer film Pengabdi Setan 2: Communion. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Semula, Joko Anwar mengaku tidak menyangka film horor besutannya itu bakal menghadirkan banyak sekali adegan dengan teknologi efek visual. Menurut dia, sedikitnya ada 400 adegan yang dipoles menggunakan CGI.

"CGI ada banyak sekali, ini memang sebuah film yang kita enggak sangka-sangka akan ada 400 shot CGI, yang kalau teman-teman nonton itu enggak kelihatan nanti CGI-nya karena real banget. Pengerjaannya sangat ekstensif banget," tuturnya.

"Kerja sama antara sinematografi, yang dikepalai oleh pak Ical Tanjung, dan art direction yang dikepalai oleh Allan Sebastian dan VFX Artist kita Abby Eldipie, ketiganya bekerja sama dengan sangat ketat sekali hingga menghasilkan gambar yang kita aja sampai, `itu real atau enggak sih` gitu," ucap Joko Anwar.

Trailer panjang film Pengabdi Setan 2: Communion resmi dirilis rumah produksi Rapi Films pada Kamis, 16 Juni 2022. Dalam cuplikan yang disajikan, sejumlah kejutan muncul, termasuk hadirnya sederet bintang baru yang ikut berperan.

Para pemeran utama yang telah dipastikan kembali antara lain Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, dan Ayu Laksmi.

Sementara bintang-bintang muda maupun senior seperti Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, Ratu Felisha, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Nafiza Fatia Rani dan Iqbal Sulaiman diperkenalkan di film Pengabdi Setan 2: Communion.

Baca juga: Trailer Film Pengabdi Setan 2: Communion Dirilis, Deretan Bintang Baru Jadi Kejutan

Baca juga: Dua Film Indonesia, Inang dan Horor Keliling Bakal Diputar di BIFAN Korea Selatan

Film Pengabdi Setan 2: Communion diagendakan tayang perdana di bioskop Indonesia mulai 4 Agustus 2022 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya