News Rabu, 16 November 2022 | 14:11

Jokowi Ajak Tamu Negara G20 Tanam Bakau, Simbol Kerja Sama Aksi Iklim

Lihat Foto Jokowi Ajak Tamu Negara G20 Tanam Bakau, Simbol Kerja Sama Aksi Iklim Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) mengangkat cangkulnya usai menanam pohon mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai pada hari kedua KTT G20 Indonesia di Denpasar, Bali, Rabu, 16 November 2022. foto: Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Jakarta - Sejumlah tamu negara yang menghadiri KTT G20 di Bali menyempatkan diri mengikuti G20 side event di Tahura Ngurah Rai, Denpasar, Rabu, 16 November 2022, untuk menanam tanaman bakau yang merupakan simbol kerja sama menanggulangi dampak perubahan iklim antarnegara anggota G20.

Kegiatan menanam tanaman bakau itu berlangsung di area elips, yaitu struktur jembatan kayu yang berbentuk bundar lonjong, yang berada di tengah-tengah antara pendopo/wantilan dan hutan bakau.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin kegiatan penanaman bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai. Ia berdiri diapit oleh Perdana Menteri India Narendra Modi di sisi kanan, dan Presiden Komisi Eropa Ursula Gertrud von der Leyen di sebelah kiri. Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden berdiri tepat di sisi kanan PM Modi.

Baca juga: G20 Membentuk Pandemic Fund, Jokowi: Kita Perlu WHO yang Bertaring

Tepat di depan para tamu negara berdiri, mereka pun memindahkan bibit bakau yang masih terbungkus polybag, memasukkannya ke dalam lubang, dan menyerok tanah galian di sekitarnya menggunakan cangkul.

Beberapa pemimpin negara seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen, lebih cepat menanam bibit bakau tersebut, sementara tamu negara lainnya ada yang membutuhkan waktu lebih lama.

Baca juga: Jokowi Harap Negara G20 Siapkan Dana Hadapi Pandemi Selanjutnya

Usai menanam bakau, para tamu negara lanjut menyusuri hutan bakau dari atas jembatan kayu. Di barisan depan, Presiden Jokowi berjalan beriring-iringan bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden, tepat di depan pemandu.

Sembari menyusuri lintasan di hutan bakau, Presiden Jokowi menjelaskan berbagai aksi iklim yang telah dilakukan Indonesia ke Joe Biden, di antaranya merehabilitasi Taman Hutan Raya Ngurah Rai di Denpasar, Bali, yang luasnya lebih dari 1.300 hektare.

Rehabilitasi itu, sebagaimana disampaikan pemandu tur ke para tamu negara, bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan bakau, yang di antaranya menyimpan karbon, mendukung kehidupan mahluk hidup dan ekosistem di sekitarnya, serta menjaga keseimbangan alam dan area pesisir mengingat bakau dapat mencegah terjadinya abrasi.

Usai menyusuri hutan bakau, para tamu negara tiba di open growth area, yaitu area yang menjadi lokasi penyimpanan bibit bakau siap tanam.

Jokowi beberapa kali turun di area tanam untuk menunjukkan langsung ke para tamu negara bibit bakau siap tanam. Ia juga terlihat menjelaskan beberapa jenis tanaman bakau di Tahura Ngurah Rai.

Di acara itu, beberapa pemimpin negara yang tidak terlihat ada di lokasi, di antaranya Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden China Xi Jinping, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Arab Saudi Mohammed bin Salman, dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya