News Rabu, 15 Juni 2022 | 14:06

Jokowi Bongkar Pasang Kabinet, Ini Daftar Menteri Baru dan yang Dicopot

Lihat Foto Jokowi Bongkar Pasang Kabinet, Ini Daftar Menteri Baru dan yang Dicopot Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Biro Setneg)

Jakarta - Presiden Joko Widodo kembali melakukan bongkar pasang Kabinet Indonesia Maju masa jabatan 2019-2024 untuk membantu kerja pemerintah. Jokowi pada Rabu siang, 15 Juni 2022 mereshuffle atau resmi melantik lima pejabat sekaligus mencopot tiga pejabat.

Jokowi telah melantik dan mengambil sumpah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Posisi baru keduanya ini sekaligus secara bersamaan menonaktifkan pejabat lama yakni Sofyan Djalil (eks Menteri ATR/BPN) dan Muhammad Lutfi (eks Mendag).

Baca jugaPresiden Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto-Zulkifli Hasan Jadi Menteri ATR-Mendag

Presiden Joko Widodo mengambil sumpah para menteri dan wakil menteri di Istana Kepresidenan, Rabu, 15 Juni 2022. (foto: YouTube).

Sementara posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga mengalami perombakan. Salah satunya Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra yang telah menduduki jabatan tersebut sejak 2019 lalu.

Kemudian, Jokowi juga menempatkan John Wempi Watipo di posisi kosong wakil menteri dalam Negeri (Wamendagri) dan Afriansyah Noor di kursi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Baca jugaAkan Dilantik Jokowi Jadi Wamen, Raja Juli Antoni Tiba di Istana Kepresidenan

Daftar Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju yang dilantik Rabu, 15 Juni 2022. (foto: YouTube).

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dicopot Jokowi:

Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi
Menteri ATR/BPN: Sofyan Djalil
Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra

Berikut nama-nama baru menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju:

Menteri Perdagangan: Zulkifli Hasan
Menteri ATR/BPN: Hadi Tjahjanto
Wamen ATR/BPN: Raja Juli Antoni
Wamendagri: John Wempi Watipo
Wamenaker: Afriansyah Noor. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya