News Selasa, 15 November 2022 | 12:11

Jokowi Harap Negara G20 Siapkan Dana Hadapi Pandemi Selanjutnya

Lihat Foto Jokowi Harap Negara G20 Siapkan Dana Hadapi Pandemi Selanjutnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Forum KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022. (foto: YouTube).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, sebagai Presidensi KTT G20, Indonesia berharap forum ini dapat terus menjadi katalis ekonomi yang inklusif, utamanya bila menghadapi terjangan pandemi lagi.

Presiden Jokowi menginginkan, di tengah situasi yang sangat sulit ini, negara yang tergabung dalam Forum G20 dapat terus bekerja agar menghasilkan capaian konkret.

Baca juga: Presiden Jokowi: G20 Tak Boleh Gagal Jembatani Perbedaan di Tingkat Global

"Mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund," ujar Presiden Jokowi saat membuka Forum KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022.

Jokowi meminta negara G20 dapat membantu ruang fiskal bagi negara berpendapatan rendah melalui resilience (ketangguhan), sustainability (keberlanjutan), dan trust (kepercayaan).

Baca juga: Jokowi: Masalah Pupuk Jangan Disepelekan, agar Tahun 2023 Tidak Suram

"Mendorong percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), menghasilkan ratusan kerja sama konkret, serta mendorong pemulihan ekonomi dunia yang lebih maju dan berkelanjutan melalui Bali compact mengenai transisi energi," katanya.

Sebagai Presidensi G20, kata Jokowi, Indonesia tidak hanya bicara. Melainkan sudah melakukan langkah-langkah nyata untuk memengaruhi perbaikan global di pelbagai bidang.

"Mari kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita dapat bersikap bijak memikul tanggung jawab dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Mari kita bekerja dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya