News Rabu, 29 Juni 2022 | 17:06

Jokowi Harap Tak Ada Lagi Kota di Ukraina yang Rusak Akibat Perang

Lihat Foto Jokowi Harap Tak Ada Lagi Kota di Ukraina yang Rusak Akibat Perang Presiden Jokowi saat meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022. (foto: Twitter).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana meninjau langsung kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina pada Rabu, 29 Juni 2022. Apartemen yang kini sudah menjadi puing-puing tersebut rusak terdampak perang dengan Rusia.

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin saat melihat puing-puing bangunan apartemen tersebut mengaku sedih begitu memerhatikan banyak bangunan dan infrastruktur di sana rusak sia-sia akibat perang dengan negara tetangga.

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi usai peninjauan dikutip dari siaran pers Setkab.go.id, Rabu, 29 Juni 2022.

Baca jugaPresiden Jokowi Akan Bertemu Zelenskyy di Istana Maryinsky, Ukraina

Presiden pun berharap perang Ukraina-Rusia bisa segera dihentikan dan dia inginkan ke depan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Presiden Jokowi.

Dari Apartemen Lipky, Presiden dan Ibu Negara diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Baca jugaWapres Doakan Presiden Jokowi Sukses Jalankan Misi Perdamaian Ukraina-Rusia

Selanjutnya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Rabu siang, 29 Juni 2022 waktu setempat.

Kemudian pada sore hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas dijadwalkan kembali ke Stasiun Central Kyiv untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat meninjau Kota Irpin yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya