News Senin, 20 Maret 2023 | 11:03

Jokowi Ingatkan Cara Menangani Covid Harus Digunakan Mengatasi Persoalan Besar Lainnya

Lihat Foto Jokowi Ingatkan Cara Menangani Covid Harus Digunakan Mengatasi Persoalan Besar Lainnya Presiden Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi menegaskan bahwa cara kerja yang dilakukan menangani pandemi Covid-19 bisa dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan bangsa lainnya.

Menurut dia, jika diperhadapkan pada sebuah tekanan, semua bekerja dengan keras. 

"Saya melihat kalau kita tertekan atas sebuah masalah, kita ini semuanya bekerja," kata Jokowi selepas menyerahkan PPKM Award di Jakarta, Senin 20 Maret 2023. 

Mempertahankan seperti cara kerja seperti itu agar terus menerus dilakukan dan tidak berhenti, menurut Jokowi, sangat dibutuhkan.

"Karena saya lihat betul-betul dari A sampai Z semuanya kerja keras untuk menangani Covid-19," terangnya.

Jokowi mengungkap, banyak pihak yang bekerja mempertaruhkan risiko dirinya menangani Covid-19.

Banyak tenaga kesehatan gugur dalam penanganan Covid-19, banyak pihak yang bekerja melampaui tugas dan fungsinya, termasuk TNI dan Polri.

"Banyak pihak yang menjadi relawan untuk keselamatan kita bersama dan banyak pelajaran yang bisa kita petik selama menangani Covid-19," kata Jokowi.

Oleh sebab kata dia, semua harus terus bergerak sinergis mengerahkan seluruh kekuatan komponen bangsa.

BACA JUGA: PPKM Dicabut, Pemerintah Terus Genjot Vaksinasi Covid-19 Booster

Sinergis dari pemerintah pusat sampai ke tingkat desa, sinergi lintas kementerian, sinergi lintas lembaga, sinergi lintas sektor, dan sinergi antar lembaga-lembaga negara, baik pemerintah DPR, BPK dan lembaga-lembaga lain.

"Serta sinergis antara pemerintah dan partisipasi masyarakat. Ini harus diteruskan. Jangan hanya berhenti di urusan covid," tukasnya.  

Jokowi mengakui dalam menangani pandemi covid, betul-betul menunjukkan kekuatan besar yang luar biasa sebagai sebuah bangsa besar.

"Sebab itu kekuatan ini bukan hanya bisa digunakan untuk covid, tapi juga menangani penyakit yang lainnya. Misalnya TBC hati-hati, stunting, peningkatan produksi pangan, penurunan angka kemiskinan," sebutnya. 

"Kalau kita bekerjanya seperti menangani covid, masalah-masalah besar seperti ini sebetulnya bisa cepat kita selesaikan. Dengan catatan, kita bekerja seperti menangani covid. Cara kerja kita menangani pandemi harus dimanfaatkan untuk pemerintahan pasca pandemi," tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh nakes, para petugas, dan para relawan yang telah gugur dalam tugas menangani pandemi covid. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya