News Senin, 28 Februari 2022 | 14:02

Jokowi Kalah dari Ganjar Pranowo Jika Pemilihan Presiden Digelar Sekarang

Lihat Foto Jokowi Kalah dari Ganjar Pranowo Jika Pemilihan Presiden Digelar Sekarang Presiden Jokowi saat berada di Poso, seusai meresmikan PLTA Poso Energy, Jumat, 25 Februari 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan hasil mengagetkan, di mana jika pemilihan presiden digelar sekarang, Ganjar Pranowo unggul dibandingkan Jokowi.

Ganjar Pranowo unggul di kalangan kelompok pemilih kritis. Pemilih kritis adalah kelompok pemilih yang tidak mudah dipengaruhi, dan justru lebih mempengaruhi yang tidak kritis. Pemilih kritis seperti bola salju, membesar seiring waktu.

Disebutkan, capres yang punya basis pemilih kritis besar, akan memiliki basis yang kuat untuk kontestasi di Pilpres 2024.

Terungkap dalam rilis hasil survei SMRC yang disampaikan Direktur Riset SMRC Devi Irvani dan Pendiri SMRC Saiful Mujadi lewat chanel YouTube SMRC TV, Senin, 28 Februari 2022.

Deni mengungkap, dalam pertanyaan yang disampaikan ke publik secara spontan, bahwa pemilihan presiden masih akan dua tahun lagi.

Baca juga: Survei SMRC Ganjar Pranowo Unggul di Kelompok Pemilih Kritis

Tapi bila pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak dan ibu pilih sebagai presiden.

Hasilnya, Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah tersebut meraih dukungan 19,9 persen dari pemilih kritis. "Unggul dari calon-calon lain," kata Deni.

Posisi kedua ada Prabowo Subianto meraih dukungan 10, 4 persen, dan Anies Baswedan meraih 9,8 persen.

Sementara Jokowi hanya meraih 3 persen, bahkan kalah dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meraih dukungan 3,2 persen.

"Masih ada 45,7 persen dari pemilih kritis yang belum dapat memilih secara spontan," terang Deni. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya