News Selasa, 25 April 2023 | 16:04

Jokowi Menengok Kesiapan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo

Lihat Foto Jokowi Menengok Kesiapan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo Presiden Jokowi bersama cucunya di Labuan Bajo, NTT. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Manggarai - KTT Asean ke-42 bakal digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 10-11 Mei 2023.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengecek kesiapan penyelenggaraan, Selasa, 25 April 2023.

Menlu Retno dalam keterangan melalui YouTube Setkab menyebut, Presiden Jokowi melakukan pengecekan persiapan KTT ke-42 Asean.

Disebutnya, rangkaian pertemuan KTT Asean ini akan dilakukan di beberapa titik lokasi yang sudah disiapkan. 

"Beberapa hal selama pengecekan persiapan yang saya laporkan kepada bapak presiden, antara lain adalah pertama mengenai persiapan substansi," terangnya. 

Nantinya dalam dua hari pertemuan, akan ada delapan pertemuan. Di hari pertama lima pertemuan dan di hari kedua ada tiga pertemuan.

Tiga pertemuan di hari pertama akan dipimpin Presiden Jokowi. Sementara di hari kedua, tiga pertemuan dua diantaranya dipimpin Presiden Jokowi.

BACA JUGA: KTT ASEAN-UE, Jokowi Tegaskan Pembangunan yang Inklusif Dukung Ketahanan Ekonomi Dunia

Sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi dipimpin Perdana Menteri Malaysia.

Menurut Retno, pengecekan dilakukan secara detail di tempat di mana akan diselenggarakan pertemuan KTT, baik untuk KTT dalam bentuk plenary maupun KTP dalam bentuk retreat dan pertemuan-pertemuan lainnya.

"Jadi semua pertemuan dilakukan di satu titik dan bapak presiden sudah memeriksa secara keseluruhan," ungkapnya.

Mengenai bandara sambung dia, dilaporkan mengenai kesiapannya. Bandara Komodo saat ini sudah akan ada dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. 

"Jadi akan ada fasilitas untuk imigrasi dan juga fasilitas untuk conveyor file yang khusus akan menerima barang-barang dari kunjungan yang dari luar negeri," terangnya lagi. 

Ditegaskannya, pengecekan dilakukan secara detail, termasuk kesiapan hotel-hotel yang akan dipakai oleh para leaders. 

"Jadi arahan bapak presiden adalah jelas, agar diutamakan hospitality yang baik dan juga dijaga kenyamanannya bagi semua tamu yang akan mengikuti KTT ke-42 Asean di Labuan Bajo," sebutnya.

Kegiatan ini kata Retno, merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk Asean dan dunia. 

"Jadi secara singkat semua persiapan, baik substansi maupun non substansi, kami lakukan pengecekan pada hari ini secara detail langsung oleh bapak presiden dan per hari ini kami dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track," tukasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya