News Jum'at, 28 Januari 2022 | 17:01

Jokowi Mewanti-wanti Kasus Omicron di Indonesia Bakal Meningkat

Lihat Foto Jokowi Mewanti-wanti Kasus Omicron di Indonesia Bakal Meningkat Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti, saat ini Indonesia tengah menghadapi lonjakan kasus harian Covid-19, utamanya yang disebabkan varian Omicron.

"Dan kenaikan ini diperkirakan masih akan terus meningkat dalam beberapa minggu ke depan," kata Presiden Jokowi dikutip dari video YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 28 Januari 2022.

Jokowi bilang, belajar dari lonjakan kasus varian Omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara di dunia, maka dalam hal ini pemerintah Indonesia sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapi lonjakan kasus varian baru itu.

Salah satunya, kata dia, melalui perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan (Faskes) yang disesuaikan dengan karakter varian Omicron. Menurut dia, varian Omicron ini lebih ringan, berbeda dengan Covid-19 varian sebelumnya.

"Dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula, salah satunya melalui layanan telemedicine aplikasi layanan kesehatan," kata Jokowi.

Untuk diketahui, konfirmasi positif Covid-19 bertambah 9.905 kasus pada hari ini Jumat, 28 Januari 2022.

Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sejak pertama kali diumumkan Maret 2020 mencapai 4.319.175.

Tambahan kasus positif harian ini merupakan yang tertinggi sejak 2 September 2021, yang menyentuh 8.955 kasus.

Dari total kasus Covid-19 itu, sebanyak 4.131.333 di antaranya telah sembuh. Pasien sembuh bertambah 2.028 orang hari ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya