News Senin, 29 Agustus 2022 | 14:08

Jokowi Minta QRIS Bisa Dikoneksikan Antarnegara Agar Permudah UMKM dan Dunia Pariwisata

Lihat Foto Jokowi Minta QRIS Bisa Dikoneksikan Antarnegara Agar Permudah UMKM dan Dunia Pariwisata Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Foto:ANTARA)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Kode QR Standar Indonesia (Quick Response Code Indonesia Standard/QRIS) yang akan dikoneksikan di lintas negara harus mampu memudahkan pelaku UMKM dan pariwisata.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi dalam Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara di Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022.

"Untuk QRIS saya minta juga agar bisa dikoneksikan antarnegara sehingga memudahkan UMKM kita, memudahkan dunia pariwisata kita," kata Jokowi seperti mengutip catatan ANTARA, Senin, 29 Agustus 2022.

Seperti diketahui, Indonesia sudah mulai mengoneksikan sistem pembayaran dengan sejumlah negara ASEAN. Per Senin, 29 Agustus 2022, menurut Bank Sentral, Indonesia dan Thailand telah menerapkan implementasi penuh untuk koneksi sistem pembayaran QR.

Jokowi berharap, dengan interkoneksi QRIS antarnegara, maka akan meningkatkan efisiensi biaya sehingga pelaku usaha, khususnya UMKM dan pariwisata dapat memproduksi barang dengan nilai yang kompetitif di pasar mancanegara.

"Kita tidak hanya menjadi pasar, tidak hanya menjadi pengguna tapi kita juga memiliki sebuah platform aplikasi yang bisa nantinya penggunanya semakin banyak," ucap Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan Indonesia mendapatkan komitmen dari empat negara ASEAN yakni Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina, untuk mengoneksikan sistem pembayaran.

"QR, fast payment, currency, ini kami akan sambungkan. Hari ini mulai dengan implementasi penuh dengan Thailand. QR Indonesia dengan QR Thailand sudah kami uji cobakan dan mulai hari ini implementasi penuh. Sehingga untuk transaksi pariwisata, perdagangan UMKM sudah bisa menyambungkan QR," ujar Perry.

Selain itu, lanjutnya, penerapan koneksi sistem pembayaran QR sudah diujicobakan dengan Malaysia sejak Januari 2022, sedangkan dengan Singapura sedang difinalisasi.

"Dalam waktu dekat 5 negara kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross border, QR, fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, mendukung UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional," tuturnya.

Menurut data BI, nilai transaksi QRIS dalam satu tahun mampu tumbuh 305,49 persen ke Rp 4,52 triliun pada Februari 2022.

Sementara itu, volume transaksi QRIS juga tumbuh 268,64 persen (year on year) ke 54,91 juta pada Februari 2022.

Pertumbuhan ini sejalan dengan tren adopsi pembayaran non-tunai yang terus menguat di kalangan pedagang (merchants).

Situasi pandemi Covid-19 juga ditengarai turut mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya