News Rabu, 16 Maret 2022 | 16:03

Jokowi Optimis RI Jadi Pemain Penting Industri Mobil Listrik Global

Lihat Foto Jokowi Optimis RI Jadi Pemain Penting Industri Mobil Listrik Global Presiden Jokowi berpidato sebelum meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Rabu, 16 Maret 2022. (foto: Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan agar Indonesia menjadi pemain penting di industri mobil listrik global.

"Kita harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik," kata Presiden Jokowi di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 16 Maret 2022.

Baca jugaPresiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Ioniq 5 buatan PT HMMI.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

Baca jugaKolaborasi Inklusif, Pertamina Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

"Kita punya nikel, kita punya kobalt sebagai material penting untuk baterai lithium," ucapnya.

Presiden Jokowi juga menyebut bauksit yang dimiliki Indonesia juga bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel di mobil listrik.

"Hilirisasi bahan-bahan mentah mineral kita harus dilakukan agar nilai tambahnya meningkat dan memberikan nilai tambah yang optimal," ucap Presiden Jokowi. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya