News Selasa, 20 September 2022 | 15:09

Jokowi: Pemerintah Enggan Tergesa-gesa Nyatakan Pandemi Selesai

Lihat Foto Jokowi: Pemerintah Enggan Tergesa-gesa Nyatakan Pandemi Selesai Presiden Joko Widodo di acara The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa pemerintah tidak tergesa-gesa untuk menyatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir di Indonesia.

"Kalau untuk Indonesia saya kira, kita harus hati-hati, tetap harus waspada, tidak harus tergesa-gesa, tidak usah segera menyatakan bahwa pandemi sudah selesai," kata Presiden Jokowi di Pintu Gerbang Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022.

Diketahui Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam satu wawancara di Program "60 Minutes" CBS mengatakan dia yakin pandemi Covid-19 sudah berakhir meski mengakui bahwa AS masih memiliki masalah dengan virus SARS-CoV-2 yang terus bermutasi tersebut.

Menanggapi itu, Presiden Jokowi menilai otoritas yang bisa memberi pengumuman pandemi berakhir adalah WHO.

"Pandemi ini kan terjadi di seluruh dunia, dan yang bisa memberikan statement menyatakan pandemi selesai itu adalah WHO," ucap Jokowi.

Apalagi saat ini, katanya, masih ada beberapa negara yang kasus harian positif Covid-19 masih tinggi.

"Saya kira hati-hati, ada di satu, dua negara yang Covid-nya mulai bangkit, naik, hati-hati, kehati-hatian yang harus diterapkan," ucap Jokowi.

Sedangkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa akhir pandemi Covid-19 sudah "di depan mata" dan bahwa dunia tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri Covid-19. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya