News Sabtu, 19 November 2022 | 14:11

Jokowi Tinggalkan KTT APEC di Bangkok Demi Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah

Lihat Foto Jokowi Tinggalkan KTT APEC di Bangkok Demi Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Presiden Jokowi di Muktamar Muhammadiyah, Sabtu, 19 November 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Solo - Presiden Jokowi meninggalkan KTT APEC di Bangkok, Thailand, yang kegiatannya baru akan selesai pada Sabtu, 19 November 2022 sore.

Itu dilakukan demi menghadiri undangan PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah yang menggelar muktamar ke-48 di Solo, Jawa Tengah pada Sabtu, 19 November 2022 pagi.

Cerita Jokowi saat memberikan sambutan di hadapan peserta muktamar, sebelumnya dia di Kamboja selama tiga hari untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 sejak 9 November 2022.

Setelah itu terbang ke Bali untuk menghadiri sekaligus membuka KTT G20 sejak 14-16 November 2022.

Baca juga:

Pemilihan Pimpinan di Muktamar Muhammadiyah ke-48 Gunakan Sistem E-Voting

Usai kegiatan KTT G20, Jokowi dan Iriana kembali terbang ke Bangkok, Thailand guna menghadiri KTT APEC.

Namun, Jokowi meninggalkan acara tersebut sebelum berakhir demi menghadiri pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah pada Sabtu, 19 November 2022 pagi.

"Setelah di Kamboja tiga hari, langsung ke Bali karena KTT G20. Dua hari lalu terbang ke Bangkok, Thailand selama dua hari. Tadi malam saya masih berada di Bangkok dan sampai di Kota Solo jam 11 malam," katanya disambut tepuk tangan peserta muktamar. 

"Seharusnya KTT APEC baru selesai sore hari ini, tetapi karena hormat saya, respek saya terhadap undangan dari PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah maka saya pulang duluan mendahului pemimpin-pemimpin yang lain, supaya bisa bertemu dengan bapak ibu semuanya," tutur Jokowi yang kembali disambut aplus para peserta muktamar.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya