Daerah Sabtu, 02 September 2023 | 22:09

Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun, Susanti: Agama Bicara Cinta Kasih dan Solidaritas

Lihat Foto Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun, Susanti: Agama Bicara Cinta Kasih dan Solidaritas Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menghadiri acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik 1 di Kabupaten Simalungun, Sabtu, 2 September 2023. (Foto:Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menghadiri acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik 1 dan Pesta Olob-olob GKPS Resort Raya, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematang Raya 1903, Kabupaten Simalungun, Sabtu, 2 September 2023.

Di acara tersebut, Susanti, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, serta sejumlah tokoh Simalungun seperti Rudolf Saragih dan Parlindungan Purba menerima Hiou yang dipakaikan oleh Sekjend GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

Dalam sambutannya, Susanti menyampaikan selamat atas terselenggaranya Jubileum 120 Tahun tersebut. Ia mengatakan, penyebaran Injil di Simalungun tidak dapat dipisahkan dari Kota Siantar. Sebab secara historis, Kota Siantar lahir dari Kabupaten Simalungun.

"Seperti bapak dan anak. Artinya, apa yang dirasakan oleh Kabupaten Simalungun, juga turut dirasakan oleh Kota Pematang Siantar. Begitu juga sebaliknya," kata Susanti.

Keberadaan Injil di Simalungun yang telah berusia 120 tahun, lanjutnya, telah membentuk karakter, moral, dan etika pada masyarakat.

"Tentunya perayaan ini mengingatkan kita bahwa agama itu bukan hanya untuk beribadah. Tetapi agama berbicara cinta kasih dan solidaritas di dalam bermasyarakat," ujarnya.

Ia juga mengatakan, kehadiran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam acara tersebut untuk mengapresiasi karena telah terciptanya kehidupan yang baik dan harmonis di Siantar dan Simalungun.

"Sekali lagi, kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun. Damai sejahtera untuk kita semua. Diateitupa, Horas!" ucap Susanti.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan peran yang begitu besar dari August Theis, Pdt J Wismar Saragih, dan Guru Jason Saragih, dalam perjalanan Injil di Simalungun.

Menurutnya, saat ini hanya GKPS yang menjadi gerbang terakhir berbahasa Simalungun.

"Terima kasih, semoga Tuhan yang memberkati dan memberi rezeki berlipat ganda dalam membesarkan GKPS," tutur Radiapoh.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya