Daerah Rabu, 16 Maret 2022 | 18:03

Jumat Dipeusijuk, Begini Penampakan Gedung Pengadilan Blangpidie

Lihat Foto Jumat Dipeusijuk, Begini Penampakan Gedung Pengadilan Blangpidie Penampakan Gedung Pengadilan Blangpidie di Kabupaten Aceh Barat Daya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Gedung Pengadilan Blangpidie di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh dijadwalkan dipeusijuek atau ritual tepung tawar, pada Jumat 18 Maret 2022 pagi.

Peusijuek dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tipikor Banda Aceh, Gusrizal dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim.

Peusijuek adalah sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Misalnya ketika memulai sebuah usaha, menyelesaikan persengketaan, terlepas atau selesai dari musibah, menempati rumah baru, merayakan kelulusan, memberangkatkan dan menyambut kedatangan haji, kembalinya keluarga dari perantauan dan masih banyak lagi.

Diketahui, gedung itu dibangun sejak 4 Juni 2021. Saat ini gedung terlihat begitu kokoh, kolaborasi warna bangunan yang padu membuatnya begitu indah dilihat.

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung yang dilaksanakan oleh PT Putra Nanggroe Aceh jo CV Kreasindo ini selain turut dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim juga hadir saat itu Ketua Pengadilan Tinggi/Tindak Pidana Korupsi Banda Aceh, Gusrizal, Ketua PN Blangpidie, Zulkarnain serta sejumlah pejabat lainnya.

Kabag protokol dan komunikasi pimpinan Setdakab Abdya Indra Darmawan membenarkan hari Jumat pagi bangunan ini akan dipeusijuk.

"Besok sudah mulai persiapan (pemasangan tenda dan lain-lain)," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya