Daerah Rabu, 23 Maret 2022 | 12:03

Junaidi Idrus Menang Dramatis, Ini Daftar Kades Terpilih di Blangpidie Abdya

Lihat Foto Junaidi Idrus Menang Dramatis, Ini Daftar Kades Terpilih di Blangpidie Abdya Junaidi Idris, Kades terpilih. Foto: Opsi/istimewa.

Aceh Barat Daya - Junaidi Idrus, Kepala Desa (Kades) Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terpilih dramatis dalam Pemilihan Kepala Desa (Kades) desa itu, Selasa, 22 Maret 2022.

Pantauan Opsi, kemenangan Junaidi Idrus (pemegang nomor urut empat) dari pesaing terberatnya yakni M. Yasin Yusuf (pemegang nomor urut satu) terbilang dramatis karena M. Yasin Yusuf terlebih dahulu meraup suara fantastis, yakni 377 suara.

Bahkan, masyarakat yang hadir menyaksikan detik-detik pemungutan suara hari itu kebanyakan sudah memastikan kemenangan nomor urut 1 karena ada tiga kotak suara belum dibuka dan suara tersisa kurang dari 1.000 lagi sesuai daftar pemilih Kades itu.

Sepanjang proses penghitungan suara untuk kotak suara Muhammad Ilham (pemegang nomor urut dua) ragam predikasi mulai timbul, apalagi suara untuk Ilham berjumlah 170 suara, menguras banyak suara dalam jumlah pemilih.

Kemudian, tibalah giliran kotak suara Taufit (pemegang nomor urut tiga) dibuka. Jumlah suara tersisa tentu milik kedua calon tersisa. Taufik berhasil mendulang 83 suara hingga kotak suara dibalik untuk memperlihatkan bahwa kotak suara sudah kosong dan suara untuk Taufit habis dihitung.

Suara yang sudah terkuras untuk ketiga calon ini sebanyak 630 suara. Atau nomor 1 377 suara, nomor 2 170 suara, dan nomor 3 83 suara. Pada kondisi ini warga yang menyaksikan mulai gaduh. Mereka sudah mempunyai prediksi masing-masing. Sebab, suara pemilih tidak banyak lagi tersisa, apalagi hanya tinggal satu kotak suara.

Jelang Magrib, tibalah pembukaan kotak suara untuk calon terakhir, milik Junaidi Idrus pemegang nomor urut empat. Sepanjang proses perhitungan suara masyarakat yang hadir tampak tidak tenang. Mereka menginginkan proses perhitungan cepat berlangsung agar jumlah raihan suara cepat diketahui. Mereka dirundung rasa penasaran.

Di detik ahir, di mana Junaidi sudah mengumpulkan 376 suara suasana mulai gaduh. Kegaduhan pecah ketika suara penyama diangkat oleh petugas. Tertera saat itu 377 suara Junaidi. Ini menandakan suara sudah imbang dan ternyata dalam kotak masih ada suara yang belum terhitung.

Dari jumlah itu, Junaidi punya suara yang belum terhitung dalam kotak sebanyak 14 suara. Sepanjang 14 suara ini diangkat petugas, gemuruh warga yang hadir pun tidak terbendung. Hingga habis terhitung, Junaidi meraih sebanyak 391 suara. Unggul 14 suara dari pesaingnya.

Meski demikian, patut diacungi jempol untuk semua calon di desa itu. Tidak ada protes yang berarti dalam jalannya Pilkades desa itu.

Setelah terpilih, semua kandidat tampak menerima hasil. Mereka saling bersalaman dan saling menyampaikan agar tidak lupa menciptakan perubahan ke arah lebih baik untuk desa dan kandidat terpilih meminta agar didukung dalam mengemban amanah ini.

Data yang diperoleh Opsi, adapun 20 Kades terpilih di Kecamatan Blangpidie meliputi:

1. Desa Panton Raya atas nama Bustami
2. Keude Paya, Baihaki.
3. Guhang, Venny Kurnia.

4. Seunaloh, M.Isa.

5. Cot Jeurat, Syarifuddin.

6. Lhung Asan, Maidi.

7. Kuta Tinggi, Ruhasbi.

8. Kuta Bahagia, M.Yasal.

9.Kuta Tuha, Demarizal.

10. Gudang, Sufarmi.

11. Lhung Tarok, M. Jakfar.

12. Pasar Blangpidie, Takdir.

13. Glp.Payong, Khairuddin.

14. Babah Lhung, Zikri Ar.

15. Keude Siblah, T.Rinaldy.
16. Alue Mangota, T. akri.

17.Lamkuta, Thaibah.

18. Baharu, Nanda Saputra.

19. Meudang Ara, Hendri putra.

20. Mata Ie, Junaidi Idrus. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya