Daerah Rabu, 13 Desember 2023 | 10:12

Jurnalis ForJA Bekali Murid MTsS Lama Inong Tentang Hoaks

Lihat Foto Jurnalis ForJA Bekali Murid MTsS Lama Inong Tentang Hoaks Siswa MTsS Lama Inong dan Jurnalis ForJA bersuafoto usai kegiatan. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Banda Aceh - Jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Aceh Barat Daya (ForJA) membekali siswa-siswi MTsS Lama Inong tentang cara mengenali ciri-ciri berita bohong atau hoaks yang sengaja di buat oleh oknum-oknum tertentu demi sebuah kepentingan terlebih menjelang Pemilu 2024, Selasa, 13 Desember 2023.

Seratusan siswa-siswi tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan tahunan ForJA dengan tema "ForJA Saweu Sikula".

Empat Narasumber dari Jurnalis ForJA yakni Sekrataris Muhammad Taufik, Syamsurizal, Mustafaruddin dan Yusnizar silih berganti memberikan paparan.

"Menjelang agenda-agenda besar negara seperti Pemilu biasanya sangat banyak berita-berita Hoaks yang akan muncul, informasi ini belum tentu benar, jangan ditelan mentah-mentah, cek dulu, pastikan media yang memuat kabar itu adalah media yang terverifikasi dewan pers," kata Taufik.

Dia juga mengimbau para siswa-siswi untuk hati-hati menggunakan media sosial. Tidak asal memposting atau membangikan berita-berita yang menjelekkan baik individu maupun golongan, karena bisa saja itu berita Hoaks yang sengaja dibuat untuk kepentingan pribadi.

"Jaga juga jari kita, jangan asal membangikan postingan. Jadilah pengguna Medsos yang bijak dan teliti," sebutnya.

Dia juga berpesan kepada siswa untuk tidak menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang dilarang bagi pelajar yakni merokok dan sebagainya, juga hal yang dilarang dalam hukum negara yakni narkoba.

"Hindari itu semua, merokok dan sebagainya, narkoba. Juga jangan sesekali melawan guru, jangan dipukul sedikit malah melaporkan guru. Sayangi mereka, karena percayalah semua guru sangat menyayangi siswa-siswinya," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya