News Selasa, 19 April 2022 | 14:04

Kabar Baik dari Menkes: 99 Persen Penduduk Indonesia Punya Antibodi Covid-19

Lihat Foto Kabar Baik dari Menkes: 99 Persen Penduduk Indonesia Punya Antibodi Covid-19 Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Setkab)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kabar baik disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Bahwa 99,2 persen penduduk Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Data ini ini diperoleh selepas survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Penelitian tentang antibodi tubuh terhadap virus (sero survei) dilakukan beberapa waktu lalu. Digelar demi mengambil kebijakan dalam menghadapi Lebaran tahun 2022 di tengah pandemi Covid-19. 

“Bisa disampaikan bahwa kadar antibodi masyarakat Indonesia naik menjadi 99,2 persen. Artinya, 99,2 persen dari populasi masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi, bisa itu berasal dari vaksinasi maupun juga berasal dari infeksi,” ujar Menteri Budi di Jakarta, Senin, 18 April 2022.

Baca juga:

Pemudik Jangan Tunda Vaksinasi Booster, Antibodi Terbentuk 1-2 Minggu Pasca Suntikan

Dia menyampaikan, sebelumnya di bulan Desember 2021 pemerintah telah melakukan sero survei dan menunjukkan bahwa sekitar 88,6 persen dari masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi.

“Kalau di bulan Desember kami lakukan sero survei ordenya masih di angka ratusan titer antibodinya sekitar 500-600, di bulan Maret ini ordenya sudah di angka ribuan, sekitar 7.000-8.000. Ini menunjukkan, bukan hanya banyak masyarakat yang sudah memiliki antibodi tapi kadar antibodinya tinggi,” sambungnya.

Berdasarkan hasil survei ini, Menteri Budi menambahkan, pemerintah meyakini dengan titer antibodi yang tinggi tersebut akan mengurangi risiko akibat Covid-19.

“Kalau nanti diserang virus, daya tahan tubuh bisa cepat menghadapinya dan mengurangi sekali risiko untuk masuk rumah sakit, apalagi risiko untuk wafat. Itu yang menyebabkan kenapa kami percaya, pemerintah, bahwa insyaallah Ramadan kali ini, mudik kali ini bisa berjalan dengan lancar tanpa membawa dampak negatif kepada masyarakat kita,” tandasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya