Daerah Kamis, 05 Mei 2022 | 22:05

Kabupaten Mamuju Diguncang Gempa 3,6 Magnitudo

Lihat Foto Kabupaten Mamuju Diguncang Gempa 3,6 Magnitudo Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diguncang gempa bumi berkekuatan 3.6 magnitudo pada Kamis, 5 Mei 2022. Guncangan lindu, disebut tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hal tersebut disampaikan Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, saat dikonfirmasi Opsi via pesan singkat WhatsApp, pada Kamis, 5 Mei 2022.

Irwan Slamet mengungkapkan, gempa bumi yang berkekuatan 3.6 magnitudo tersebut terjadi sekira pukul 19.26 Wita tadi.

"Episenter gempa bumi terletak di darat pada jarak 36 kilo meter barat laut Mamasa Sulbar, kedalaman 10 kilometer," kata Irwan Slamet.

Ia juga mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan gempa bumi tersebut termasuk klasifikasi gempa bumi dangkal.

"Gempa bumi kali ini terjadi akibat aktivitas sesar Mamuju yang berdekatan dengan pusat episenter," katanya.

Lanjut Irwan Slamet menjelaskan, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Kalukku II MMI, getarannya dirasakan oleh beberapa orang.

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Irwan Slamet.

Ia mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: BMKG: Ini Wilayah di Indonesia yang Gelombang Air Laut Diprediksi Hingga 6 Meter

Baca juga: Cuaca Buruk Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Sulbar, pada Jumat, 6 Mei 2022

"Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya