Daerah Rabu, 05 Januari 2022 | 13:01

Kades Vinsen Bertekad Desa Manong Keluar dari Status Desa Tertinggal

Lihat Foto Kades Vinsen Bertekad Desa Manong Keluar dari Status Desa Tertinggal Kepala Desa Manong tengah didampingi Camat Rahong utara, Geradus Tanggung. (Foto: Opsi/Adrian Juru)
Editor: Rio Anthony

Manggarai - Kepala Desa Manong, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Vinsensius Jebarus bertekad mengentas kemiskinan dan berkomitmen keluar dari status Desa tertinggal.

Hal itu disampaikan Vinsensius usai melakukan serah terima jabatan (Sertijab) dari Penjabat Sementara (PJs) Kornelis Jhon di Balai Kantor Desa Manong, Rabu, 5 Januari 2022.

"Mari membangun desa ini dengan tulus dan kerja nyata. Saya ingin semua perangkat Desa bersinergi bersama masyarakat lebih khusus untuk mengentas kemiskinan dan keluar dari status Desa tertinggal," ujar Mantan Pendamping Lokal Desa itu di hadapan masyarakat.

Vinsensius menginginkan Desa Manong menjadi salah satu desa yang maju dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

"Saya menginginkan desa ini memiliki sekolah PAUD dan memberdayakan perempuan dan tokoh adat. Regulasi tidak melarang kita untuk berinovasi. Karena kita yang tau potensi desa kita," tambahnya.

Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Vinsensius adalah merevitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa menjadi sumber penghasilan desa. Kendati demikian Vinsensius akan mengoptimalkan lagi jenis usaha dan mengevaluasi kerja BUMDes Manong.

"Peran BUMDes ini penting. Tetapi nanti kita optimalkan lagi dan evaluasi dulu," kata Vinsensius.

Camat Rahong utara, Geradus Tanggung yang hadir pada kesempatan itu juga menyampaikan dukungan kepada pemerintah Desa Manong di tangan Vinsensius Jebarus.

Terlebih khusus Geradus menegaskan perlu keterbukaan informasi publik dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

"Kita harus dukung program dan visi misi pak Kades ini. Bagus ini gebrakannya. Tetapi perlu ada kerja sama pemerintah desa dengan masyarakat. Memang sebaiknya pengelolaan Dana Desa itu harus terbuka," ujar Camat Rahong Utara.

Kegiatan Sertijab Kepala Desa Manong di hadiri oleh Camat Rahong Utara, Bhabinkamtibmas Rahong Utara, Pendamping Profesional dari Dinas PMD Kabupaten Manggarai serta tokoh masyarakat dan tokoh adat di desa itu. []

Penulis: Adrian Juru

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya