News Rabu, 05 Januari 2022 | 09:01

Kancah Gaming dan Esport Indonesia Potensial Jadi Ladang Pengembangan Brand

Lihat Foto Kancah Gaming dan Esport Indonesia Potensial Jadi Ladang Pengembangan Brand Ilustrasi Esport. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Agensi komunikasi ASEAN Vero baru-baru ini melakukan kerja sama dengan Decision Lab untuk menjelajahi lanskap esports di Indonesia yang kian berkembang saat ini.

Kerja sama ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam karakteristik dan perilaku para gamer dan penggemar esports Indonesia serta saluran komunikasi yang dapat digunakan brand untuk belajar dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagaimana mereka dapat terlibat dalam ranah esports yang sedang booming di Indonesia.

Esports, seperti pendahulunya – game, telah berubah dari minat subkultur menjadi kekuatan budaya arus utama, membuka berbagai peluang bagi merek untuk bergabung.

Di era yang ditandai dengan hiper-individualisme dan hiper-konektivitas, merek harus lebih berempati dan mau beradaptasi dengan perubahan cepat dalam lingkup budaya yang semakin menyebar.

Adapun di Indonesia, lebih dari 52 juta penduduk saat ini memainkan game esports. Melihat platform budaya yang besar ini memberikan peluang bagi Key Opinion Leader (KOL) untuk membangun dan mengembangkan keunikan kepribadian mereka serta konten yang menjangkau audiens.

Dan untuk merek, esports secara efisien merupakan saluran komunikasi baru, dengan semua peluang dan tantangan yang menyertainya.

Strategic Planning Director Vero Sasha Alwani mengatakan, besarnya potensi esport di Indonesia berkelindan dengan besarnya peluang bagi brand untuk melakukan sinergi.

"Kami melihat besarnya potensi esport di Indonesia merupakan peluang besar bagi brand dan entitas bisnis untuk menciptakan sinergi," ujar Sahsa Alwani, dikutip Opsi pada Selasa, 4 Januari 2021.

"Yang dapat mendukung mereka dalam berkomunikasi dengan target konsumen dan meraih pangsa pasar yang lebih luas bagi perkembangan bisnis mereka," kata dia. 

Lebih lanjut, Sasha menambahkan bahwa penting bagi brand untuk senantiasa update dengan tren esport terbaru menerapkan strategi komunikasi dan kreatif menjadi untuk dapat diterima oleh komunitas gaming di Indonesia.

Baca juga:  Eka Gustiwana X Sara Fajira Rilis Push It Down, OST Film Dokumenter Indonesia Esport Legends

Baca juga:  Gim Higgs Domino Antar Karyawan Hotel di Taput ke Balik Jeruji Besi

Hal ini mengingat bahwa mayoritas mereka merupakan kalangan muda yang cenderung menyukai ide-ide segar dan pendekatan komunikasi yang unik. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya