Daerah Minggu, 17 April 2022 | 19:04

Kapal Berbendera Malta Berlayar Dari Jeddah Terbakar di Perairan Aceh

Lihat Foto Kapal Berbendera Malta Berlayar Dari Jeddah Terbakar di Perairan Aceh Tampak asap membumbung tinggi dari sebuah Kapal di laut Aceh. (Foto:Opsi/Istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kapal kargo CMA CGM Lisa Marie berbendera Malta yang terbakar di perairan Sabang, Provinsi Aceh pada, Sabtu, 16 April 2022 kagetkan warga. Asap tebal tampak membumbung tinggi dan terlihat darinkejauhan.

Kapal yang diketahui bermuatan kontainer itu sebelumnya berangkat dari Jeddah dengan tujuan ke Port Klang Malaysia. Saat tiba di perairan Sabang salah satu muatan kapal terbakar. Kebakaran diduga dari korsleting listrik.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono membenarkan kejadian itu. Katanya, pasca terbakar kemudian kru kapal mengaktifkan signal distress (signal darurat) yang diterima oleh MRCC Port Klang Malaysia. 

"Informasi itu lalu diteruskan ke Basarnas Banda Aceh untuk meminta bantuan pemadaman api untuk mengantisipasi jika kebakaran meluas,” kata Budiono, Minggu, 17 April 2022.

Lanjut dia, menindaklanjuti laporan itu, Basarnas Banda Aceh memberangkat KN Sar Kresna – 232 dan KN Selat Benggala ke titik lokasi kapal dan berhasil tiba pada pukul 06.00 WIB. Kebakaran terjadi pada 3-4 kontainer. ABK kapal pada saat itu berupaya memadamkan api sendiri dengan menyemprotkan water cannon," ucapnya.

"Tim SAR gabungan tiba di Kapal Lisa Marie untuk melakukan pengecekan dan memastikan kebakaran kapal sudah padam serta memastikan kondisi seluruh ABK kapal dalam keadaan aman dan selamat,” pungkas Budiono. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya