Daerah Sabtu, 27 Agustus 2022 | 14:08

Kapal Kargo dari Parepare Menuju Batulicin Kalsel Tenggelam, Empat ABK Selamat 11 Hilang

Lihat Foto Kapal Kargo dari Parepare Menuju Batulicin Kalsel Tenggelam, Empat ABK Selamat 11 Hilang Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Kapal kargo Teman Niaga, yang membawa nahkoda dan 15 ABK dilaporkan tenggelam di Selat Makassar.

Dari informasi yang beredar, empat dari 15 ABK ditemukan selamat dan dievakuasi ke Batulicin, Kalimantan Selatan, sementara 11 lainnya dinyatakan hilang.

Untuk diketahui, KM Teman Niaga dilaporkan melakukan pelayaran dari Parepare menuju Batulicin sejak Kamis 25 Agustus 2022 lalu.

Empat ABK yang selamat disebut berdiri di atas sekoci terbalik sehingga ditolong oleh KM Dharma Ferry 3 yang sedang melintas di lokasi.

"Kita gali informasinya benar kapal tenggelam. Ada 15 POB (person on boat) termasuk nakhoda," ujar Kepala Unit Siaga SAR Batulicin Deni Arizal, Sabtu 27 Agustus 2022.

Kata dia ada yang selamat berjumlah empat orang sementara 11 lainnya masih dalam pencarian.

"Yang selamat empat menggunakan sekoci, kemarin terbalik terus mereka berdiri di sekoci itu. Kebetulan ditemukan KM Dharma Ferry yang sedang melintas," tutur Deni.

Basarnas banjarmasin sudah turun untuk melakukan pencarian. KM SAR Laksmana milik mereka telah merapat di Batulicin guna melakukan koordinasi dengan SAR setempat.

"Sudah dilakukan pencarian melakukan KN SAR Laksmana, malam tadi sejak pukul 21.00," katanya.

Dari cerita yang disampaikan ABK yang selamat, kapal kargo yang mereka tumpangi awalnya melakukan pelayaran dari Parepare Sulawesi Selatan menuju Batulicin.

Kapal kemudian melanjutkan perjalanan membawa semen dari wilayah Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kota Batulicin menuju Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun kapal tenggelam di Selat Makassar.

"Mereka itu sebenarnya kapal kargo angkut semen dari Tarjun tujuan Sumba kalau enggak salah. Kemudian tenggelam, prakiraan kita di Selat Makassar," kata Deni. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya