Daerah Jum'at, 26 November 2021 | 11:11

Kapolda Sumut Pastikan Pilkades di Dairi Kondusif

Lihat Foto Kapolda Sumut Pastikan Pilkades di Dairi Kondusif Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak. (foto: Opsi/ist).

Dairi - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Inspektur Jenderal Polisi Panca Putra Simanjuntak memastikan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 106 desa di Kabupaten Dairi, berlangsung kondusif.

Bahkan, guna mengantisipasi terjadinya potensi kerawanan selama Pilkades di Kabupaten Dairi, personel Polri dan TNI disiagakan melakukan pengamanan wilayah.

"Siapapun yang terpilih tetap jaga persaudaraan. Jangan karena berbeda pilihan malah menimbulkan perpecahan, karena hal itu hanya membuat rugi kita semua. Saya harap kepada kepala desa terpilih nantinya harus mampu merangkul seluruh warganya," ujar Irjen Panca, Kamis, 25 November 2021.

Selanjutnya, Kapolda Sumut menuju Dusun I dan II di Desa Pegagan Julu 6, Kecamatan Sumbul. Di sana, ia meninjau TPS 01 dan 02 yang masih melaksanakan pemungutan suara. Panca pun mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Pilkades Dairi tahun 2021 ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 106 desa sebanyak 120.309 orang. Sedangkan jumlah TPS di setiap desa bervariasi berdasarkan jumlah pemilih, maksimal di setiap TPS sekitar 500 orang dengan jumlah TPS seluruhnya 262.

"Pilkades ini demokrasi riil, jadi masyarakat harus menyalurkan suaranya dengan baik. Saling menjaga persaudaraan, jangan berseteru, kita wajib bersama-sama menjaga pemilihan berjalan aman, lancar serta mematuhi protokol kesehatan," katanya.

"Sejauh ini, Pilkades di Kabupaten Dairi berjalan kondusif. Namun, personel TNI, Polri, Pemda masih siaga sampai proses penetapan calon kepala desa terpilih mengantisipasi terjadi gangguan Kamtibmas," ujar Panca lagi. ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya