News Kamis, 20 April 2023 | 15:04

Kapolri dan Panglima TNI Monitor Arus Mudik dari Helikopter

Lihat Foto Kapolri dan Panglima TNI Monitor Arus Mudik dari Helikopter Panglima TNI dan Kapolri. (Foto: Humas Polri)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Guna memastikan arus mudik lancar dan aman, Kapolri bersama Panglima TNI dan Menteri Perhubungan, naik helikopter.

Tiga pejabat utama bawahan Presiden Jokowi itu monitor arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Merak hingga Pelabuhan Bakauheni, Kamis, 20 April 2023.

Dari udara, ketiganya mengamati secara langsung kondisi terkini arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Dilaporkan, arus mudik Tol Jakarta-Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak hingga Tol Terbanggi Besar, lancar dan kondusif.

Tak cuma dari udara, rombongan kapolri mengecek langsung pelayanan dan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Merak hingga Tol Terbanggi Besar atau lintas Sumatra.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait memberikan pelayanan semaksimal mungkin pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

BACA JUGA: Arus Mudik 15 Jiwa Melayang, Polri Ingatkan Pengendara Taati Aturan Lalu Lintas

Dia berharap pengamanan tahun ini jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Diprediksi masyarakat yang melakukan mudik meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu. 

Beberapa strategi yang dilakukan guna membuat mudik berjalan aman dan lancar, diantaranya penerapan rekayasa lalu lintas, mulai dari contra flow, one way dan yang lainnya.

Arus mudik di jalur penyeberangan tak luput menjadi perhatiannya. Kapolri mengimbau masyarakat bisa menyeberang pada siang hari. Mengantisipasi lonjakan warga yang mudik via jalur laut pada waktu malam hari.

Seluruh lintas sektoral kata dia, akan menjamin keamanan para pemudik untuk bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman di kampung halamannya masing-masing.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya