News Selasa, 26 April 2022 | 20:04

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Senang, Warga Mudik Lebih Awal

Lihat Foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo Senang, Warga Mudik Lebih Awal Kapolri saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak bersama dengan sejumlah menteri, Selasa, 26 April 2022. (Foto: Humas Polri)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pemudik yang menuju Pulau Sumatra melalui memadati Pelabuhan Merak pada Selasa, 26 April 2022.

Kondisi ini membuat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo senang. Pasalnya masyarakat merespons positif imbauan Presiden Jokowi untuk melakukan mudik Idul Fitri lebih awal sebelum prediksi puncak arus mudik pada 28 - 30 April 2022.

Disampaikan Kapolri saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak bersama dengan sejumlah menteri.

"Di satu sisi, kami juga sangat berterima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden tentunya yang telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal," kata Kapolri.

Dia menyebut, dari hasil pemantauan telah terjadi peningkatan arus mudik yang dilakukan oleh masyarakat sebelum 28 - 30 April 2022. 

Menurutnya, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan semakin mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran.

"Kami lihat dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan," katanya.

Baca juga:

Satgas Begal Garansi Kenyamanan Pemudik dari Pulau Jawa Tujuan Sumatra

Diprediksi puncak arus mudik pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. "Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun diharapkan bisa semakin dikurangi," ujarnya.

Saat dipantau, pergerakan arus mudik Lebaran terus mengalir. Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang.

"Siang ini tadi kami lihat sempat masuk situasi kuning, artinya sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan dan kemudian kami lihat juga di seluruh dermaga terlihat sudah penuh," ungkapnya.

"Artinya di satu sisi kami melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak," katanya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya