Hukum Rabu, 24 Agustus 2022 | 21:08

Kapolri Tak Pungkiri Motif Pembunuhan Brigadir J Dilatari Isu Perselingkuhan

Lihat Foto Kapolri Tak Pungkiri Motif Pembunuhan Brigadir J Dilatari Isu Perselingkuhan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2022. (foto: tangkapan layar).

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan motif pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J), yang didalangi Irjen Ferdy Sambo dipicu dua isu, antara pelecehan atau perselingkuhan. Tim khusus sedang menjajaki kedua hal tersebut.

Seperti diketahui, Kapolri bersama jajarannya dicecar soal motif pembunuhan Brigadir J saat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2022.

"Jadi mungkin ini juga untuk menjawab bahwa isunya antara pelecehan ataupun perselingkuhan, ini sedang kami dalami. Jadi tidak ada isu di luar itu," kata Jenderal Sigit.

Baca jugaKomisi III DPR Nilai Ferdy Sambo Tak Punya Jiwa Kesatria

Kapolri Sigit membantah perihal adanya motif pembunuhan Brigadir J di luar kedua hal yang ia sampaikan tadi. 

Sigit melanjutkan, rencananya Kamis besok tim khusus bentukannya akan memeriksa tersangka Putri Candrawathi, guna mendalami motif eksekusi Brigadir J.

"Memang ada satu pemeriksaan yang kita tunggu untuk memastikan motif, khususnya pemeriksaan terhadap ibu Putri Candrawathi besok," ujar Sigit.

Untuk sementara ini, Sigit hanya bisa menyampaikan perihal motif pembunuhan dipicu dari adanya laporan Putri Candrawathi ke Ferdy Sambo terkait dengan masalah dugaan kesusilaan yang dilakukan Brigadir J di Magelang.

Baca jugaDPR Minta Kapolri Pecat Polisi yang Obstruction of Justice Kasus Brigadir J

Maka itu, Sambo murka dan merancang pembunuhan berencana Brigadir J di Komplek Polri, Duren Tiga, Kalibata, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022 lalu. Termasuk menskenario terjadi baku tembak antaranggota polisi. 

"Ferdy Sambo terpicu amarah dan emosinya pada saat Putri Candrawathi melaporkan terkait adanya peristiwa yang terkait dengan masalah kesusilaan yang terjadi di Magelang. Itu sementara yang bisa saya sampaikan," kata Kapolri Jenderal Sigit. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya