News Kamis, 09 Desember 2021 | 19:12

Kartu Prakerja dan Gopay Berbagi Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Lihat Foto Kartu Prakerja dan Gopay Berbagi Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi Obrol Santai Kartu Prakerja. (Foto: Opsi/Kartu Prakerja).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Pandemi telah mendorong masyarakat untuk semakin fasih dalam menggunakan fitur-fitur keuangan digital agar mereka bisa beradaptasi di tengah perubahan. Gopay sebagai salah satu mitra Program Kartu Prakerja berkomitmen untuk membantu sobat Prakerja agar cerdas mengelola keuangan terutama di saat sulit seperti ini.

Chief Marketing Officer Gopay Fibriyani Elastria mengatakan cara mengatur keuangan, hal pertama yang harus diketahui adalah seberapa besar biaya yang kita perlukan untuk kebutuhan sehari-hari dalam waktu satu bulan.

"Apakah itu untuk kebutuhan sendiri atau misalnya untuk membantu kehidupan keluarga," kata Fibriyani pada acara ngobrol santai "Cerdas Mengatur Keuangan di Masa Pandemi" live di Instagram Kartu Prakerja, Kamis 9 Desember 2021.

Dengan mengetahui jumlah pengeluaran rutin tiap bulannya, selanjutnya kita harus tahu bagaimana cara mengalokasikan kebutuhan tersebut dengan baik."Dengan memahami hal ini kita bisa disiplin, bisa displin mengatur, dan memonitor pengeluaran keuangan," lanjutnya pada acara yang dipandu Host Ario Atsungkoro.

Gopay kata Fibriyani punya beberapa fitur yang mempermudah para penggunanya untuk mengatur keuangan. Salah satunya yakni Gopay Diary. Gopay Diary fitur yang memudahkan pengguna untuk memantau pengeluaran bulanannya.

Selain transaksi jadi lebih mudah, pengguna tidak perlu mencatat pengeluaran secara manual karena otomatis tercatat di sini. "Setiap transaksi menggunakan Gopay maka setiap bulan kita (pengguna Gopay) dapat catatan berapa besar dana yang kita keluarkan melalui Gopay," kata Fibriyani.

Gopay juga telah bekerjasama dengan Bank Jago. Kalobarsi ini menghasilkan fitur `Kantong Jago` yang juga bisa membantu sobat Prakerja mengatur keuangan jadi lebih mudah.

Menjawab pertanyaan dari sobat Prakerja, Fibriyani mengatakan untuk mengisi ulang saldo Gopay bisa dilakukan di bank, ATM, dan juga Alfamart, Tokopedia, dan mitra Gojek. "Sobat Prakerja tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan dan mudah dilakukan," jelasnya.

Sementara pertanyaan pemilik akun Instagram @nira.okt_ tentang Gopay Later apakah menjadi pilihan efektif untuk menunjang ketika kita memiliki masalah keuangan. Fibriyani menjelaskan Gopay Later sebagai salah satu sumber likuditas. Tapi yang harus menjadi perhatian apakah kita mampu untuk membayar kembali atau tidak.

Karena menurut dia, Gopay Later merupakan bentuk pinjaman di awal. Karena itu dia menyarankan agar sobat Prakerja yang ingin menggunakan Gopay Later harus sesuai dengan kebutuhan.

"Gopay Later bisa jadi penyelamat suatu kebutuhan disaat kita tidak punya dana. Tapi ingat harus bisa sesuaikan dengan kemampuan kita untuk membayarnya," kata Fibriyani.

Pada kesempatan yang sama, Aliya Rahmayanti salah satu penerima Kartu Prakerja yang ikut serta dalam ngobrol santai itu juga berbagi pengalamannya mengatur keuangan.

Wanita asal Jakarta itu mengungkapkan alasan dia memilih Gopay sebagai platform keuangan untuk penyaluran insentif Kartu Prakerja.

Menurut wanita yang pernah kerja di Event Organizer ini, Gopay sangat mudah digunakan, aman dan legalitasnya jelas.

Selain itu dengan fitur yang ada di Gopay Aliyah mengaku dapat memenage keuangan dengan lebih baik dan sangat membantu dia yang kini sedang merintis usaha kuliner.

"Saya memilih Gopay karena sejak awal sudah familiar dan proses pencairannya cepat banget," kata Aliyah yang saat ini membuka usaha jualan makana usai mengikuti program Kartu Prakerja. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya