Daerah Minggu, 07 Agustus 2022 | 08:08

Kasus Campak Tinggi di Kabupaten Pidie, Ini Sebabnya

Lihat Foto Kasus Campak Tinggi di Kabupaten Pidie, Ini Sebabnya Salah seorang anak terserang Penyakit Campak. (Foto: Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Data yang dihimpin Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya, sebagian besar anak yang terkena campak merupakan mereka yang tidak melaksanakan imunisasi campak.

Hal ini diutarakan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penularan Penyakit (P2P) Ellya Noer. Katanya, ada 692 kasus infeksi virus campak terjangkit pada anak hingga Juli 2022. Dari jumlah itu hanya 52 anak yang melaksanakan vaksinasi campak.

"Sedangkan sisanya atau 640 anak tanpa imunisasi campak. Seharusnya sasaran anak di Pidie ada 3.917 anak yang mendapatkan vaksinasi campak, namun sampai Juni capaian imunisasi lengkap hanya 226 orang saja,"kata Ellya Noer, Jumat, 5 Agustus 2022

Menurutnya, salah satu penyebab minimnya capaian target imunisasi di Kabupaten Pidie karena pengaruh hoax di media sosial, seperti isu tentang kandungan vaksin haram padahl tidak benar.

"Meski demikian, kita terus berupaya untuk menyadarkan masyarakat tentang kasus ini, namun pengaruh paling besar adanya keterlibatan para ulama untuk menyampaikan bahwa imunisasi pada anak adalah halal," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya