News Selasa, 04 Januari 2022 | 20:01

Kasus Covid-19 Meningkat, Satgas Beri Peringatan ke Anies Baswedan

Lihat Foto Kasus Covid-19 Meningkat, Satgas Beri Peringatan ke Anies Baswedan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Satgas Penanganan Covid-19 memberikan peringatan terkait peningkatan kasus corona kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito merespons peningkatan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir.

"Kepada Gubernur DKI dan Kepri untuk menindaklanjuti segera dalam dua minggu ke depan," kata Wiku dalam konferensi pers seperti dikutip CNNIndonesia, Jakarta, Selasa, 4 Januari 2022.

Dia menjelaskan, pada pekan ini ada penambahan 1.409 kasus positif Covid-19 secara nasional. Peningkatan ini lebih tinggi dibanding pekan sebelumnya, yakni 1.215.

Menurutnya, DKI Jakarta dan Kepri menjadi dua provinsi penyumbang pertambahan kasus Covid-19 tertinggi saat ini.

Bahkan, kedua provinsi itu menjadi penyumbang kasus terbanyak selama empat kali berturut-turut.

"Hal ini dikontribusikan oleh dua provinsi yang telah mengalami kasus mingguan selama 4 minggu berturut-turut. Provinsi tersebut adalah DKI Jakarta dan Kepulauan Riau," ujarnya.

Dalam rinciannya, kasus di DKI Jakarta terus meningkat dari 212 kasus, menjadi 254 kasus. Kemudian meningkat lagi menjadi 348 kasus dan terakhir mencapai 526 kasus.

Sementara Kepri, dari dua kasus naik menjadi 93 di pekan berikutnya. Bertambah lagi menjadi 140 dan minggu ini menjadi 168 kasus.

Wiku menyatakan kenaikan kasus di DKI Jakarta dan Kepri patut menjadi perhatian. Sebab, provinsi lain cenderung mengalami penurunan kasus.

"Lonjakan kasus hanya bisa dicegah dengan lonjakan kasus hanya dapat dicegah dengan respons pengendalian kasus sedini mungkin," tuturnya.

"Mohon pastikan satgas posko di fasilitas umum dan tingkat desa dan kelurahan telah dibentuk dan berfungsi seluruhnya agar pengawasan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan maksimal," ucap Wiku menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya