Hiburan Kamis, 07 April 2022 | 20:04

Kasus Plagiat Single Sami Switch, Ed Sheeran Menang di Pengadilan

Lihat Foto Kasus Plagiat Single Sami Switch, Ed Sheeran Menang di Pengadilan Ed Sheeran. (Foto: Instagram/teddysphotos)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi dan pencipta lagu Ed Sheeran resmi memenangkan gugatan hak cipta atas lagu hit bertajuk Shape of You miliknya, yang dituding sebagai hasil plagiat dari tembang Oh Why milik Sami Chokri alias Sami Switch.

Laman Variety melaporkan, Pengadilan Tinggi Inggris memutuskan pada hari Rabu, 6 April 2022 waktu setempat bahwa Sheeran tidak menjiplak lagu karya Sami Switch yang dibuat tahun 2015.

Dalam putusannya, Hakim Antony Zacaroli mengatakan bahwa Sheeran "tidak sengaja atau tidak sadar menyalin" karya Sami.

"Ada kesamaan antara frasa satu bar dalam Shape of You dan Oh Why. Kesamaan seperti itu hanyalah titik awal untuk kemungkinan pelanggaran hak cipta," kata Antony Zacaroli, dikutip Opsi pada Kamis, 7 April 2022.

Setelah mempelajari kedua lagu tersebut, Zacaroli menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara bagian-bagian yang relevan dari lagu-lagu tersebut, yang memberikan bukti kuat bahwa frasa "Oh I" dalam lagu Shape of You berasal dari sumber lain di luar single Oh Why milik Sami.

Zacaroli juga menyebutkan bahwa Sheraan belum pernah mendengarkan lagu Oh Why yang dimaksud, sehingga tuduhan dari Chokri hanya berdasarkan spekulasi semata.

Ed Sheeran. (Foto: Instagram/teddysphotos)

Diberitakan sebelumnya, Ed Sheeran dituding melakukan penjiplakan lagu dengan memotong bagian dari lagu berjudul Oh Why milik Sami Chokri alias Sami Switch dan produser Ross O`Donoghue dan memasukkannya ke dalam lagu miliknya sendiri yang berjudul Shape of You.

Perkara ini bahkan sampai di bawa ke persidangan hak cipta di Pengadilan Tinggi London. Namun kepada pengacara Sami Switch dan Ross O`Donoghue, Andrew Sutcliffe, Ed Sheeran membantah tuduhan itu.

Dalam keterangannya kepada Andrew Sutcliffe, Ed Sheeran mengaku tidak mengenal siapa Sami Switch. Namun sang pengacara tidak mempercayainya.

Sutcliffe meyakini, Ed Sheeran mengetahui Sami Switch karena mereka berdua pernah muncul di platform musik online Inggris, SBTV.

Baca juga: Ed Sheeran Bantah Tudingan Plagiarisme Lagu Milik Sami Switch

Baca juga: Ed Sheeran Dituding Jiplak Lagu Milik Sami Switch, Perkara Dibawa ke Pengadilan

Menurut Sutcliffe, Ed Sheeran bahkan meneriakkan nama Sam Switch di Reading Festival pada 2011 setelah diminta oleh sahabatnya, Jamal Edwards. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya