Daerah Jum'at, 28 Januari 2022 | 12:01

Kawula Muda Ramaikan Bursa Calon Kades di Abdya

Lihat Foto Kawula Muda Ramaikan Bursa Calon Kades di Abdya Penyerahan berkas pendaftaran Kades di desa Mataie Aceh Barat Daya. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kehadiran kaula muda pada bursa bakal calon Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh semakin membuat pagelaran 6 tahun sekali ini semakin menarik.

Kehadiran kaula muda ikut ambil andil dalam pagelaran ini dinilai bakal menjadi persaingan yang menarik. Kaula muda mulai memiliki mental tampil untuk bersaing dengan pria usia 40 lanjut.

Sebagai referensi, Opsi mengambil satu desa di Kecamatan Blangpidie yakni Desa Mataie di Kemukiman Kutatinggi. Bursa bakal calon Kades di desa dengan hampir 2 ribu pemilih ini diisi oleh 4 orang.

"Dua pria lanjut dan dua pemuda bahkan satu dari 4 pendaftar belum berkeluarga," kata Muamar Fadli ketua Panitia Pemilihan Keucik (P2K) desa setempat.

Adapun keempat nama bakal calon Kades di desa ini yakni M.yasin Yusuf atau Pj Kades saat ini, Junaidi Idrus sudah berkeluarga, Taufik alias adek pemuda yang sudah berkeluarga dan terakhir Muhammad Ilham pemuda yang belum berkeluarga.

"Tentu kehadiran pemuda menunjukkan bahwa minat warga untuk memajukan desanya semakin tinggi. Tentu ini suatu kemajuan juga," ucapnya.

Untuk diketahui, Pilkades di Kabupaten Abdya saat ini tahapannya sudah berjalan. Puncaknya atau hari pemilihan akan berlangsung pada Maret 2022 ini.

Saat ini P2K desa sedang di sibukkan dengan penerimaan berkas dari Bakal Calon (Balon).

Setiap Balon harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Ada beberapa poin syarat yang wajib dipenuhi para pendaftar, contohnya harus bisa baca Al`quran dan syarat-syarat wajib lainnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya