News Senin, 06 Desember 2021 | 10:12

Kawal Penanganan Korban Erupsi Semeru, Gubernur Jatim Khofifah Berkantor di Lumajang

Lihat Foto Kawal Penanganan Korban Erupsi Semeru, Gubernur Jatim Khofifah Berkantor di Lumajang Gubernur jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Lumajang - Untuk mengawal langsung upaya penanganan korban erupsi Gunung Semeru, Gubernur jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memilih berkantor di Lumajang.

Keputusan berkantor di Lumajang setelah Khofifah melihat luasnya dampak erupsi Gunung Semeru.

"Seluruh pekerjaan saya kerjakan dari Lumajang. Beberapa agenda saya minta pak Wagub mewakili,"ujar Khofifah di Lumajang, Minggu 5 Desember 2021.

Kata dia, penanganan bencana Gunung Semeru ini menjadi prioritas utama, utamanya pencarian dan penyelamatan.

"Termasuk yang berkenaan dengan kebutuhan para pengungsi, semua dibawah koordinasi BNPB. Pemprov Jatim dan Pemkab Lumajang akan memaksimalkan layanan masyarakat terdampak bencana," tegasnya.

Alasan lain kata Khofifah, untuk memastikan konsolidasi data dan koordinasi pencarian dan penyelamatan. Ia juga ingin melihat proses evakuasi dan penanganan pengungsi berjalan efektif dan tidak ada yang terlewatkan.

"Bencana ini dialami warga kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Mengingat Jembatan Gladak Perak putus maka penanganan dibagi dua titik di masing-masing kecamatan. Semua kebutuhan dasar warga kita ikhtiarkan agar tersedia. Makanan, minuman, pakaian, obat-obatan sebisa mungkin terpenuhi," jelasnya.

Khofifah menyebut, dengan berkantor langsung di Lumajang, koordinasi antar stakeholder demi memaksimalkan penanganan pasca Gunung Semeru meletus lebih optimal. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya