News Selasa, 28 Februari 2023 | 15:02

Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia Ada di Bulungan Kalimantan Utara

Lihat Foto Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia Ada di Bulungan Kalimantan Utara Jokowi berada di Kalimantan Industrial Park Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kaltara, Selasa, 28 Februari 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Bulungan - Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI), di Bulungan, Kalimantan Utara diyakini akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia.

Kawasan yang mampu menjadi masa depan Indonesia dalam pembangunan industri energi hijau (green energy).

KIPI seluas 13 ribu hektare, yang nantinya ini dipersiapkan untuk pembangunan industri EV battery.

Kemudian untuk pembangunan petrokimia, petrochemical. Serta untuk pembangunan industri aluminium. 

"Yang semuanya kita harapkan nanti didukung oleh energi hijau, oleh renewable energy, oleh hydropower dari Sungai Mentarang, Sungai Kayan di Kalimantan Utara,” kata Presiden Jokowi saat meninjau kawasan tersebut, Selasa, 28 Februari 2023.

BACA JUGA: Jokowi Gak Ngabsen Capres di Rakornas PAN, Padahal Ganjar Pranowo Hadir

Menurutnya, kawasan ini nantinya dapat menghasilkan produk-produk hijau yang bersaing.

“Kita harapkan dengan kekuatan kompetitif seperti itu, energinya hijau, kemudian barang-barang produk yang dihasilkan juga produk-produk hijau. Inilah yang akan menjadi kekuatan Kawasan Industrial Park Indonesia di Kalimantan Utara,” tuturnya.

Disebutnya, kawasan KIPI mampu menjadi masa depan Indonesia yang dapat menjadi daya tarik bagi industri yang memproduksi produk hijau.

“Inilah masa depan Indonesia, masa depan Indonesia ada di sini. Kalau ini terealisasi dengan baik, semuanya pasti akan berbondong-bondong ke sini, industri apa pun yang berkaitan dengan green product pasti akan menengok ke kawasan ini,” ujarnya.

Jokowi mengingatkan, akan terus memonitor progres pembangunan kawasan industri hijau ini. Ia juga  memastikan agar pembangunan kawasan KIPI dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya