Daerah Senin, 23 September 2024 | 11:09

Kebakaran di Pasar Horas Pematangsiantar, Ratusan Kios Pakaian Bekas Dilahap Api

Lihat Foto Kebakaran di Pasar Horas Pematangsiantar, Ratusan Kios Pakaian Bekas Dilahap Api Kebakaran di Lantai II Gedung IV Pasar Horas, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut), Minggu, 22 September 2024. (Foto:Istimewa)

Siantar - Si jago merah melahap sebanyak 253 kios di Lantai II Gedung IV Pasar Horas, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut), Minggu, 22 September 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima, api diduga berasal dari salah satu kios yang berada di sebelah timur gedung di Lantai II.

Kios-kios itu pun sebagian besar diisi pedagang pakaian bekas. Akibatnya, api tersebut dengan cepat melalap dan merembet ke ratusan kios semi permanen lainnya yang berada di sekitar gedung karena tiupan angin yang kencang.

Pantauan media, sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota (Pemkot) Siantar.

Pemadaman pun dibantu tiga unit pemadam kebakaran (damkar) milik swasta PT STTC, tiga unit damkar milik Pemkab Kabupaten Simalungun, dua kendaraan taktis water canon milik Brimob Siantar dan Polres Siantar.

Di lokasi kebakaran, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

"Kita masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran, dan setelah api dapat dipadamkan Polres Pematangsiantar akan berkoordinasi dengan tim labfor forensik Polda Sumut guna melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran," kata Yogen.

Sementara itu, Dirut Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) Kota Pematangsiantar Bolmen Silalahi menyebut terdapat 253 kios yang ludes terbakar.

"Kita belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun dari data kita terdapat 253 kios yang berada di lokasi Gedung IV Lantai II yang terbakar," ucap Bolmen.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya