Daerah Jum'at, 02 September 2022 | 14:09

Kebakaran Hebat di Paluta Sumut, 17 Rumah dan 12 Kios Rata dengan Tanah

Lihat Foto Kebakaran Hebat di Paluta Sumut, 17 Rumah dan 12 Kios Rata dengan Tanah Kobaran api melahap rumah dan kios di Padang Lawas Utara, Sumut. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Kebakaran hebat terjadi di kawasan Pekan Sabtu, Desa Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatra Utara (Sumut) pada Kamis 1 September 2022 sekitar pukul 10.15 WIB.

Akibat kejadian itu, sedikitnya 17 unit rumah warga dan 12 kios pedagang rata dengan tanah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materil ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Api berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil tangki Manggala Agni, dua unit mobil tangki perusahaan PT ANJ, dan satu mobil tangki perusahaan SSN, diterjunkan ke lokasi.

Setelah api padam, pemilik rumah dan kios yang terbakar tampak berada di sekitar puing kebakaran, untuk mencari barang yang masih bisa dipergunakan.

Kapolsek Padang Bolak, Polres Tapanuli Selatan, AKP Zulfikar membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Dia menyebutkan, rumah yang terbakar masing-masing milik Dumanggor Hasibuan (70), Rohana Harahap (37), Morris Hasibuan (29), Siti Aja Harahap (67), Kamal Dalimunthe (57), Pahrum Siregar (38), Yusni Dalimunthe (54).

"Kemudian, Mara Naek (56), Hendri Siregar (19), Adi (37), Ucok (40), Oppung Lomlom (70), Rahang Harahap (38), Komar Lubis (27), Pitra Hasonangan Harahap (28), Sahril Napitupulu (35), dan Fahrum Siregar (42)," kata Zulfikar, Jumat 2 September 2022.

Akibat peristiwa tersebut, tambahnya, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 2 miliar, dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

"Guna kepentingan penyelidikan, sejumlah barang bukti juga diamankan antara lain dua buah broti yang sudah terbakar, dua buah papan yang sudah terbakar, dan sebuah seng yang sudah terbakar," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya