News Jum'at, 04 Oktober 2024 | 11:10

Kebakaran Mal di Grogol: Gereja dan Lantai 4 Hingga 6 Hangus, Kerugian Miliaran

Lihat Foto Kebakaran Mal di Grogol: Gereja dan Lantai 4 Hingga 6 Hangus, Kerugian Miliaran Ilustrasi kebakaran. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Sebuah kebakaran besar melanda sebuah mal di kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Jumat dini hari, 4 Oktober 2024.

Api menghanguskan tiga lantai mal, termasuk lantai 4, 5, dan 6, menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai Rp 5,6 miliar.

"Kebakaran terjadi di lantai 5 dan 6 dengan luas area sekitar 600 meter persegi, sementara lantai 4 dan Gereja Renewal juga terdampak, dengan pintu gereja terbakar," ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, Syarifudin, dalam keterangannya.

Kronologi Kebakaran

Kebakaran pertama kali dilaporkan oleh petugas kebersihan yang mendengar suara dari dalam area restoran di food court.

Petugas keamanan kemudian langsung menghubungi pemadam kebakaran sekitar pukul 00.50 WIB. Operasi pemadaman dimulai 10 menit kemudian dengan pengerahan 16 unit mobil pemadam dan 80 personel.

Api baru dapat dipadamkan sepenuhnya pada pukul 03.05 WIB. Dalam operasi tersebut, satu petugas pemadam mengalami luka ringan setelah terjatuh di eskalator.

"Petugas sudah mendapatkan penanganan dari PMI, dan operasi pemadaman dinyatakan selesai pukul 04.20 WIB," jelas Syarifudin.

Kerugian Mencapai Miliaran

Kebakaran yang melanda tiga lantai di mal tersebut menyebabkan kerugian besar, yang diperkirakan mencapai Rp 5,6 miliar.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan kerusakan bangunan terutama terjadi di lantai yang menjadi pusat kebakaran.

Kebakaran ini menarik perhatian banyak pihak, mengingat lokasinya berada di salah satu pusat perbelanjaan ramai di Jakarta Barat.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya