Daerah Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:08

Kecamatan Medan Belawan Penyumbang Tertinggi Kasus Stunting di Medan

Lihat Foto Kecamatan Medan Belawan Penyumbang Tertinggi Kasus Stunting di Medan Wali Kota Bobby Nasution menyuapkan makanan sehat dan bergizi kepada seorang bocah di Medan Belawan. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Angka stunting di Kota Medan hingga kini masih cukup tinggi dengan jumlah 550 anak, di mana Kecamatan Medan Belawan sebagai penyumbang tertinggi.

Dari jumlah total penderita stunting itu, 20 persen di antaranya anak berusia di atas 2 tahun sehingga sulit untuk dipulihkan.

Selain penyelesaian masalah pemukiman yang menjadi salah satu pemicu terjadinya stunting, Pemko Medan juga telah menyiapkan sejumlah program untuk mencegah sekaligus mengatasi kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga sang anak terlalu pendek untuk usianya tersebut.

"Guna mencegah stunting, kita membuat sejumlah program, mulai dari penyelesaian masalah pemukiman sampai dengan program yang menyentuh langsung kepada para ibu-ibu. Di samping itu kami juga mewajibkan dari 550 anak yang terkena stunting ini, semua orang tuanya dibantu dengan membuat bentuk usaha," ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri sosialisasi aksi cegah stunting di samping Kantor Kelurahan Bagan Deli, Jalan Besar Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Rabu 24 Agustus 2022.

Menurut Bobby, stunting juga ada kaitannya dengan kemampuan ekonomi. Terkait itu, ia pun telah meminta Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan serta Dinas Sosial untuk mendata semua anak yang terkena stunting, termasuk anak yang rentan akan stunting.

"Kita minta Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Sosial untuk membantu orang tuanya membuat kelompok usaha," kata menantu Presiden Joko Widodo ini.

Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyatakan, kelompok usaha yang dibuat itu terkait makanan dan minuman sehingga sangat membantu dan ibu-ibu pun bisa memasaknya di rumah.

"Kegiatan usaha mereka nanti didaftarkan ke e-katalog lokal, sehingga Pemko Medan yang akan membeli makanan dan minuman mereka. Ini sudah kita programkan, semoga bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Bobby mengatakan, menyikapi kasus stunting di Kecamatan Belawan merupakan tertinggi di Kota Medan, pihaknya telah melakukan penataan pemukiman yang menjadi salah satu masalahnya.

"Saat Kota Medan menjadi tuan rumah kemarin. Kami menyempatkan diri, memberanikan diri membawa Pak Presiden ke Medan Belawan, mungkin salah satu Presiden yang pertama menginjakkan kakinya untuk melihat kondisi Belawan. Alhamdulillah, baru minggu lalu kami rapat dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kami dibantu untuk pembangunan tanggul dan pembangunan kawasan kumuh," ungkapnya.

Selain itu dalam penanganan stunting, tambah Bobby, juga harus diperhatikan asupan nutrisi dan makanan.

Oleh karenanya Bobby sangat mengapresiasi dan mendukung dengan digelarnya sosialisasi aksi cegah stunting yang dirangkaikan dengan demo memasak menu sehat yang diambil dari Buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia, hasil karya Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya