Hiburan Kamis, 20 Januari 2022 | 11:01

Kehidupan Pakar Epidemi Sulianti Saroso Diangkat ke Film Dokumenter

Lihat Foto Kehidupan Pakar Epidemi Sulianti Saroso Diangkat ke Film Dokumenter Profesor Dokter Sulianti Saroso. MPH, PhD. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sosok pakar epidemi Profesor Dokter Sulianti Saroso, MPH, PhD menjadi fokus utama dalam episode terbaru film dokumenter berseri bertajuk Maestro Indonesia. Film ini, merupakan karya sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana.

Riri Riza sebagai sutradara mengatakan bahwa proses produksi film dokumenter kali ini merupakan fase belajar yang penting. Selain Sulianti Saroso, ia juga mengangkat kepedulian pengusaha Ir. Ciputra di kancah olahraga Tanah Air.

"Bagi saya, membuat dua film dokumenter ini adalah sebuah proses belajar yang sangat penting," kata Riri, dikutip Opsi pada Rabu, 19 Januari 2022.

"Sulianti Saroso dan Ciputra adalah maestro yang datang dari dua bidang kerja yang sangat relevan dan penting bagi Indonesia hari ini. Begitu kaya cerita yang kita dapat dari dua film dokumenter ini," ujar dia.

Profesor Dokter Sulianti Saroso. MPH, PhD. (Foto: Opsi/Istimewa)

Sulianti Saroso sendiri dikenal sebagai inspirasi bagi para epidemiologi di Indonesia. Namanya, bahkan diabadikan sebagai nama rumah sakit pusat infeksi di Jakarta.

Bukan tanpa sebab, dalam fase 1945 - 1949 di mana Indonesia masih dalam suasana mempertahankan kemerdekaan, Sulianti Saroso memimpin perempuan-perempuan untuk menyampaikan obat-obatan dan makanan kepada para pejuang di garis depan.

Ia hingga kini dikenang karena dua terobosan yaitu di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, serta keluarga berencana (KB).

Sampai akhir hidupnya, beliau terus terlibat dalam persoalan kesehatan masyarakat. Bahkan aktif sebagai konsultan untuk lembaga internasional WHO dan Unicef.

Riri Riza berharap, serial film dokumenter Maestro Indonesia dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda yang menontonnya.

Baca juga: Miles Films Rilis Serial Dokumenter Episode Ir. Ciputra dan Bulutangkis

Baca juga: Sinopsis Film Nightmare Alley, Perjuangan Stanson Kubur Masa Lalu

"Saya berharap penonton, terutama generasi muda terinspirasi oleh kegigihan mereka untuk mewujudkan visi yang mereka yakini," tutur dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya