Hukum Senin, 12 September 2022 | 16:09

Kematian Iwan Budi Paulus Berkaitan Perkara Korupsi yang Ditangani Polisi

Lihat Foto Kematian Iwan Budi Paulus Berkaitan Perkara Korupsi yang Ditangani Polisi ASN Kota Semarang Iwan Budi Paulus yang dinyatakan hilang sejak Agustus 2022. (foto: istimewa).

Jakarta - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah Kombes Dwi Subagyo menyebut tidak menutup kemungkinan kasus hilang hingga ada dugaan pembunuhan terhadap Iwan Budi Paulus masih berkaitan dengan penanganan dugaan perkara korupsi yang sedang ditangani polisi.

Pria yang ditemukan terbakar tanpa kepala di kawasan Marina, Semarang, Jawa Tengah, diduga kuat adalah Iwan Budi Paulus, PNS Pemerintah Kota Semarang yang dilaporkan hilang sejak 24 Agustus 2022 atau sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dengan dugaan korupsi pengalihan aset.

Meski demikian, Dwi masih menunggu kepastian identitas jasad yang dibakar itu berdasarkan pemeriksaan DNA.

Baca jugaMenanti Tes DNA, Polisi Selidiki Kemunculan Api yang Jilati Jasad Iwan Budi Paulus

Dwi mengungkapkan, Iwan Budi Paulus merupakan salah seorang saksi dugaan korupsi yang dijadwalkan dimintai keterangan pada pemeriksaan 25 Agustus 2022. Pemeriksaan pada tanggal itu merupakan panggilan resmi kepada yang bersangkutan.

Dwi mengakui, kepolisian sudah menjalin komunikasi dengan Iwan Budi berkaitan dengan penyelidikan perkara dugaan korupsi pengalihan aset di lingkungan Pemerintah Kota Semarang tahun 2010.

Kendati demikian, Dwi memastikan penyelidikan dugaan korupsi itu tetap berjalan meski salah satu saksi, Iwan Budi Paulus, menghilang dan diduga sebagai korban tewas yang jasadnya ditemukan dalam kondisi terbakar tanpa kepala di kawasan Marina, Semarang.

Baca jugaGeger Temuan Jasad Tanpa Kepala di Semarang, Diduga Iwan Budi Paulus

"Penyelidikan tidak terpengaruh, tetap diproses," kata Kombes Dwi Subagyo di Semarang, Senin, 12 September 2022.

Menurut dia, Iwan Budi yang dilaporkan hilang sejak 24 Agutuss 2022 tersebut bukan satu-satunya saksi yang dibutuhkan keterangannya untuk mengungkap kasus dugaan korupsi yang terjadi pada 2010 itu.

Ia menurutkan, sudah ada saksi lain yang dimintai keterangan serta beberapa pihak yang dimintai keterangan dalam perkara itu dan merupakan saksi penting.

Sebelumnya, sesosok jasad ditemukan terbakar bersama satu unit sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 8 September 2022.

Baca jugaJasad Terbakar Tanpa Kepala di Semarang Diduga Korban Pembunuhan

Penemuan tersebut bermula dari temuan sepeda motor yang terbakar oleh salah seorang petugas penjaga lahan milik PT Family.

Di dekat sepeda motor yang terbakar itu ternyata ditemukan sesosok jasad yang hangus terbakar, diduga dialah Iwan Budi Paulus.

Iwan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi pengalihan aset. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya