News Minggu, 27 Februari 2022 | 12:02

Kemenlu: Proses Evakuasi Ratusan WNI dari Ukraina Dilakukan Secepatnya

Lihat Foto Kemenlu: Proses Evakuasi Ratusan WNI dari Ukraina Dilakukan Secepatnya Ilustrasi - Warga Ukraina bersembunyi di stasiun bawah tanah. (AP/Zoya Shu)

Jakarta - Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menjelaskan, proses evakuasi ratusan WNI dari Ukraina ke Polandia dan Rumania akan dilakukan secepatnya.

Tentu saja, ujar Judha, evakuasi bakal dilakukan dengan melihat perkembangan situasi di lapangan.

“Kita akan bergerak kalau sudah ada jalur aman bagi warga negara kita yang menuju ke Polandia dan Rumania. Di samping itu, NOTAM (pemberitahuan dari otoritas penerbangan) menyampaikan bahwa penerbangan sipil saat ini dilarang di Ukraina,” kata Judha kepada wartawan di Jakarta, dikutip Minggu, 27 Februari 2022.

Baca juga: Rusia-Ukraina Perang, Ratusan WNI Akan Dievakuasi ke Polandia dan Rumania

Dalam proses evakuasi WNI, pihaknya sudah membentuk tim yang terdiri dari unsur Kemenlu dan TNI serta sudah menyiapkan pesawat.

“Kita sedang mempersiapkan prosedur evakuasi untuk keluar dari Ukraina, dan kita terus menjalin komunikasi dari berbagai pihak untuk menjamin keselamatan WNI,” kata Judha.

Baca juga: Konflik Rusia-Ukraina, Puan: Keselamatan dan Keamanan WNI Harus Jadi Prioritas

Judha meminta seluruh WNI yang ada di Ukraina untuk tetap tenang dan tidak panik.

“Kami juga meminta teman teman WNI untuk bisa menyampaikan kondisi mereka ke keluarga masing-masing yang ada di Tanah Air agar keluarga mereka bisa tenang,” kata dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya