News Selasa, 18 Januari 2022 | 11:01

Kena Bully Gegara Kritik Shin Tae-yong, Haruna Soemitro: Kan Tugas Saya

Lihat Foto Kena Bully Gegara Kritik Shin Tae-yong, Haruna Soemitro: Kan Tugas Saya Pelatih Timnas sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong berpose dengan Haruna Soemitro . (Foto: dok. PSSI)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) Haruna Soemitro menilai kegaduhan yang terjadi menyusul kritiknya kepada Shin Tae-yong, merupakan persoalan perspektif semata.

Berbicara kepada wartawan, Haruna Soemitro menegaskan bahwa evaluasi terhadap kinerja pelatih dan timnas Indonesia merupakan bagian dari tugas Exco.

Pasalnya, Shin Te-yong dipilih menjadi pelatih oleh Exco PSSI sehingga Haruna Soemitro merasa memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan pengawasan dan evaluasi.

"Evaluasi kan tugas saya sebagai Exco. Shin Tae Yong ini yang memilih Exco bukan netizen," kata Haruna Soemitro, dikutip Opsi pada Selasa, 18 Januari 2022.

"Jadi ketika ada proses pergantian dari Luis Milla ke Shin Tae Yong ini kan diputuskan di Malaysia dan dihadapan Exco dan Exco yang memutuskan," ujar dia.

Lebih lanjut, Haruna Soemitro menyayangkan sikap para pecinta sepakbola yang merundungnya di internet. Menurutnya, kritik yang ia lontarkan kepada Shin Tae-yong merupakan tugasnya sebagai anggota Exco.

Pelatih Timnas sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: dok. PSSI)

Ia juga menegaskan bahwa kritik yang ia sampaikan merupakan pandangan dan keresahan banyak pihak yang ia terima dan bukan pendapat pribadi. 

"Hari ini, kemudian saya sebagai Exco menjalankan tugas kemudian dikritik, ini kan lucu," kata dia.

"Dan saya menyampaikan sesuai yang dikeluhkan pelatih Liga 1. Saya menyampaikan aspirasi, saya menjalankan tugas, kemudian saya di-bully," tuturnya.

Haruna Soemitro lantas mengaku siap ikut arus apabila tugasnya sebagai anggota Exco dalam melakukan pengawasan dan evaluasi yang selama ini ia kerjakan dianggap salah.

Baca juga: Kisruh Haruna Soemitro Vs Shin Tae-Yong, Sekjen PSSI Beri Penjelasan

Baca juga: Sebut Shin Tae-Yong Tak Beri Manfaat Bagi Timnas, Haruna Soemitro Disorot

"Kalau memang suruh diam, ya sudah saya diam. Mending datang duduk dan diam saja," kata dia. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya