Hiburan Selasa, 03 Oktober 2023 | 01:10

Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 Siap Digelar di Jambi

Lihat Foto Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 Siap Digelar di Jambi Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 . (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Festival film internasional negara-negara Serumpun Melayu, Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 dipastikan bakal digelar di Teater Arena, Taman Budaya Jambi, pada 11-14 Oktober 2023.

Lewat keterangan tertulisnya, Festival Director Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023, Anton Oktavianto mengatakan bahwa festival ini melibatkan karya sinema dari negara-negara serumpun, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Seri pertama Kenduri Serumpun Melayu Film Festival yang didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini, menjadikan "Akar" sebagai tema festivalnya dengan semangat juang untuk kembali menelusuri identitas bangsa sebagai bagian dari Serumpun Melayu.

Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 . (Foto: Istimewa)

Anton Oktavianto bilang, pemilihan tema ini merupakan respon terhadap persoalan akomodasi aspek kebudayaan melayu dalam penyajian film. Semangatnya adalah membaca ulang kembali tata nilai dan karakter ke-melayu-an dalam kekaryaan film.

Hal ini kemudian diimplementasikan dalam bentuk literasi dan kajian penciptaan film "Film Language" yang bisa menjadi pedoman bersama dalam jalan diplomasi kebudayaan melalui film sebagai instrumennya.

"Pertemuan besar ini bertujuan menguatkan komunikasi dan informasi jaringan film di Sumatera," ucap Anton, dikutip Opsi pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Baca juga: Dibintangi Jefri Nichol, Film Mohon Doa Restu Tayang pada 28 Oktober 2023

Baca juga: Dibintangi Reza Rahadian, Joko Anwar Sebut Siksa Kubur Berawal dari Film Pendek

"Membuka potensi industri film sebagai tujuan ekonomi, pendataan serta pemetaan pelaku dan ekosistem film, peningkatan kapasitas SDM, merekomendasikan kebijakan dan jaminan hukum terhadap penguatan kelembagaan film daerah," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya