News Selasa, 15 Februari 2022 | 17:02

Kepala BNPB Tinjau Pembangunan Hunian Warga Terdampak Gunung Semeru

Lihat Foto Kepala BNPB Tinjau Pembangunan Hunian Warga Terdampak Gunung Semeru Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau progres pembangunan hunian tetap dan hunian sementara bagi masyarakat terdampak Gunung Api Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 15 Februari 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Lumajang - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto kembali meninjau progres pembangunan hunian tetap dan hunian sementara bagi masyarakat terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 15 Februari 2022.

Kepala BNPB memastikan percepatan program peralihan atau transisi masa tanggap darurat menuju rehabilitasi dan rekonstruksi. Kunjungan sekaligus menjadi wujud perhatian pemerintah pusat dalam rangka pemulihan kepada masyarakat terdampak bencana APG Gunung Api Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Kepala BNPB melihat langsung beberapa progres pembangunan huntap dan huntara yang sedang berlangsung. Suharyanto menilai bahwa pembangunan huntap  termasuk cepat, namun mantan Pangdam V Brawijaya itu tetap akan mendorong agar proses tersebut dapat lebih dipercepat lagi sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat.

Pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumbermujur telah mencapai huntara 234 unit, sementara huntap telah mencapai 635 unit terhitung sejak dimulainya pembangunan.

“BNPB sebagai institusi yang bertanggung jawab terkait penanggulangan bencana akan melaksanakan rapat koordinasi dengan para penyelenggara atau pembangunan hunian sementara agar diketahui di mana kelemahan dan kekurangannya dan dipacu lagi, supaya lebih cepat lagi pengerjaannya,” jelas Suharyanto.

Pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumbermujur telah mencapai huntara 234 unit, sementara huntap telah mencapai 635 unit terhitung sejak dimulainya pembangunan pada 4 Januari 2022 sampai 15 Februari 2022. 

Huntara dan Huntap yang dibangun dipastikan akan memperhatikan faktor kenyamanan dan memberikan ruang untuk melakukan aktivitas ekonomi.

Hadir mendampingi peninjauan tersebut meliputi Bupati Kabupaten Lumajang Thoriqul Haq, sejumlah pejabat BNPB termasuk Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari. []

BACA JUGA: 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya