Daerah Selasa, 20 September 2022 | 19:09

Kepala BPIP Yudian Wahyudi Apresiasi di Dairi Ada 5 Kampung Pancasila

Lihat Foto Kepala BPIP Yudian Wahyudi Apresiasi di Dairi Ada 5 Kampung Pancasila Prof KH Yudian Wahyudi. (Foto: Pemkab Dairi)
Editor: Tigor Munte

Sidikalang - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof KH Yudian Wahyudi melakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi, Sumatra Utara pada Senin, 19 September 2022.

Kehadiran Kepala BPIP disambut Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Sekretaris Daerah Budianta Pinem dan Unsur Forkopimda di Pendopo Bupati Dairi.

Yudian Wahyudi bersama dengan rombongan diagendakan untuk mengikuti dialog kebangsaan implementasi nilai-nilai Pancasila di aula SMK Negeri 1 Sidikalang. 

Sebelum melanjutkan kegiatan tersebut, Yudian Wahyudi bersama rombongan dijamu makan siang oleh Bupati Dairi dan ramah tamah di pendopo.

Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan, dalam peningkatan aktualisasi Pancasila, pembinaan ideologi Pancasila dipandang perlu secara sistematis yang pada akhirnya berlanjut kepada elemen masyarakat.

Pancasila sebagai sumber kekuatan utama bangsa Indonesia harus dijaga. Perspektif ke depan pemerintah ditantang harus pro kepada rakyat.

Kabupaten Dairi dianugerahi lahan yang sangat luas, sehingga diyakini menjadi lumbung pangan dalam menangani inflasi.

“Beberapa di antaranya Desa Paropo di Silahisabungan akan diputuskan menjadi pusat sentra bawang di Parbuluan akan dicanangkan sebagai lahan komoditi untuk bawang, cabai, dan kentang. Hal ini menjadi bukti aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ujar Eddy.

Dalam upaya menggelorakan Pancasila, Pemkab Dairi bersama TNI telah meresmikan lima kampung Pancasila.

“Semoga pertemuan ini bisa membuat kita semakin kuat khususnya di Dairi sehingga potensi yang ada di Dairi bisa mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Kepala BPIP dalam dialog kebangsaan mengatakan, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah yang terbaik sepanjang sejarah. 

Baca juga:

Satpol PP Dairi Melaksanakan Operasi Kasih Sayang Dalam Mendukung Perwujudan SDM Unggul.

Yudian mengatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, hebat, dengan persatuan dan kesatuan. Generasi penerus kata dia, akan membangun bangsa ini.

“Tugas BPIP sangat mulia, karena terdepan dalam merawat Pancasila. Perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemkab Dairi yang siap bekerja sama dengan BPIP,” ucapnya.

Masih kata Yudian, dalam membangun bangsa, salah satunya adanya dengan pembentukan kampung Pancasila di mana Pancasila sebagai ideologi. 

Dia mengapresiasi Kabupaten Dairi yang bekerja sama dengan TNI, karena telah mendirikan lima kampung Pancasila.

“Mari tingkatkan minat dan bakat, tingkatkan kebhinekaan untuk kemajuan bangsa. Saya mewakili lembaga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas sambutan yang luar biasa ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam dialog kebangsaan tersebut, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso, Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang, Ketua DPC PDIP Dairi Resoalon Lumban Gaol, serta Staf Ahli Bupati Dairi Bidang Pemerintahan, Hukum Leonardus Sihotang. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya